Kompas.com - 23/03/2021, 18:30 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Bendungan Way Sekampung yang terdapat di Kabupaten Pringsewu Provinsi Lampung akan diisi air (impounding) pada Juli 2021.

"Bendungan Way Sekampung ini mulai diisi air pada Juli 2021," kata Director of Operation II PT Waskita Karya (Persero) Tbk Bambang Rianto dalam keterangan tertulis, Selasa (23/03/2021).

Setelah diisi air, selanjutnya pada Bulan Desember 2021 sudah bisa dioperasikan secara penuh.

Sejak tahun 2016, Waskita Karya yang mendapat kepercayaan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), telah mengerjakan Bendungan Way Sekampung Paket 2 dan Paket 4.

Baca juga: Ganti Rugi Proyek Bendungan Manikin Belum Dibayar, Warga Kupang: Pak Jokowi Tolong Kami!

Bendungan Way Sekampung dirancang dengan kapasitas tampung total sebesar 68,06 juta meter kubik dengan luas genangan 800 hektar.

Selain itu, Bendungan Way Sekampung juga memiliki terowongan 2 jalur, dengan diameter 5,00 meter, dan panjang terowongan pertama sepanjang 341 meter, serta terowongan kedua sepanjang 371 meter.

Manfaat dari kehadiran bendungan ini adalah sebagai penyedia air irigasi untuk intensifikasi daerah irigasi Sekampung Sistem dengan luas area 55.373 hektar.

Bendungan ini juga dapat meningkatkan intensitas tanam 270 persen, sekaligus sebagai penyediaan air irigasi untuk pengembangan daerah irigasi Rumbia Extension dengan potensi luas 17.334 hektar.

Kemudian penyedia air baku untuk Kota Bandar Lampung, Branti dan Kota Metro sebesar 2.482 liter per detik, dan terakhir sebagai potensi Pembangkit Listrik Tenaga Microhydro (PLTM) dengan daya sebesar 5,4 MW.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.