Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bendungan Way Sekampung Diisi Air Mulai Juli 2021

Kompas.com - 23/03/2021, 18:30 WIB
Ardiansyah Fadli,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bendungan Way Sekampung yang terdapat di Kabupaten Pringsewu Provinsi Lampung akan diisi air (impounding) pada Juli 2021.

"Bendungan Way Sekampung ini mulai diisi air pada Juli 2021," kata Director of Operation II PT Waskita Karya (Persero) Tbk Bambang Rianto dalam keterangan tertulis, Selasa (23/03/2021).

Setelah diisi air, selanjutnya pada Bulan Desember 2021 sudah bisa dioperasikan secara penuh.

Sejak tahun 2016, Waskita Karya yang mendapat kepercayaan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), telah mengerjakan Bendungan Way Sekampung Paket 2 dan Paket 4.

Baca juga: Ganti Rugi Proyek Bendungan Manikin Belum Dibayar, Warga Kupang: Pak Jokowi Tolong Kami!

Bendungan Way Sekampung dirancang dengan kapasitas tampung total sebesar 68,06 juta meter kubik dengan luas genangan 800 hektar.

Selain itu, Bendungan Way Sekampung juga memiliki terowongan 2 jalur, dengan diameter 5,00 meter, dan panjang terowongan pertama sepanjang 341 meter, serta terowongan kedua sepanjang 371 meter.

Manfaat dari kehadiran bendungan ini adalah sebagai penyedia air irigasi untuk intensifikasi daerah irigasi Sekampung Sistem dengan luas area 55.373 hektar.

Bendungan ini juga dapat meningkatkan intensitas tanam 270 persen, sekaligus sebagai penyediaan air irigasi untuk pengembangan daerah irigasi Rumbia Extension dengan potensi luas 17.334 hektar.

Kemudian penyedia air baku untuk Kota Bandar Lampung, Branti dan Kota Metro sebesar 2.482 liter per detik, dan terakhir sebagai potensi Pembangkit Listrik Tenaga Microhydro (PLTM) dengan daya sebesar 5,4 MW.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com