Lebaran 2021, Tol Balikpapan-Samarinda Seksi 1 dan 5 Beroperasi Fungsional

Kompas.com - 23/03/2021, 17:00 WIB
Jalan Tol Balikpapan-Samarinda. Dok. PT Jasa Marga (Persero) TbkJalan Tol Balikpapan-Samarinda.

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Jasa Marga (Persero) Tbk melalui PT Jasamarga Balikpapan Samarinda (JBS) tengah mengebut konstruksi dua seksi terakhir Jalan Tol Balikpapan-Samarinda.

Kedua seksi terakhir tol tersebut yakni, Seksi 1 Balikpapan (KM 13)-Samboja sepanjang 22,03 kilometer dan Seksi 5 Sepinggan-Balikpapan (KM 13) sepanjang 11,09 kilometer.

Hingga Jumat (19/3/2021), progres konstruksi secara keseluruhan jalan tol tersebut mencapai 99,95 persen. Sementara itu, pembebasan lahan sudah mencapai 99,98 persen.

Direktur Utama PT JBS STH Saragi mengungkapkan, JBS fokus dalam percepatan penyelesaian konstruksi tol tersebut untuk mengejar target fungsional Lebaran Tahun 2021.

“Hingga saat ini, kami menargetkan Seksi 1 Balikpapan (Km 13)-Samboja dapat mendukung operasional pelayanan dalam rangka libur Lebaran 2021," ucap Saragi dalam siaran pers, Selasa (23/3/2021).

Dia menungkapkan, JBS bersama Pemerintah Provinsi (Pemprov) dan Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional Kalimantan Timur (Kaltim) terus bersinergi dalam menindaklanjuti berbagai penyelesaian pekerjaan.

Misalnya, penanganan konstruksi dan geoteknik, penyelesaian main road (jalan utama), hingga pekerjaan perkuatan badan jalan.

Baca juga: Tol Balikpapan-Samarinda Dilengkapi Dua Rest Area Tipe A

Untuk diketahui, konstruksi Tol Balikpapan-Samarinda Seksi 1 Balikpapan (Km 13)-Samboja dan Seksi 5 Sepinggan-Balikpapan (Km 13) merupakan porsi dukungan Pemerintah.

Namun, untuk mengejar target percepatan pembangunan, JBS turut berpartisipasi membantu penyelesaian konstruksi kedua seksi jalan tol tersebut.

Oleh karena itu, tidak hanya Seksi 1 yang diharapkan dapat beroperasi pada fungsional Libur Lebaran 2021, namun juga Seksi 5.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.