Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tol Balikpapan-Samarinda Dilengkapi Dua "Rest Area" Tipe A

Kompas.com - 25/01/2021, 20:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Jalan Tol Balikpapan-Samarinda dilengkapi dengan dua Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) atau rest area tipe A.

Direktur Utama PT Jasamarga Balikpapan Samarinda STH Saragi mengatakan, kedua rest area ini terletak di KM 37 arah Balikpapan dan Km 36 arah Samarinda dan telah selesai dibangun.

“Saat ini, telah terbangun masjid dan toilet di rest area kedua arah yang dapat digunakan pengguna jalan," ucap Saragi melalui keterangan pers, Senin (25/1/2021).

Secara bertahap, kedua rest area ini akan terus dikembangkan sesuai dengan rencana yang telah disusun.

Nantinya, kata Saragih, rest area di kedua arah ini akan akan menyediakan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU).

Selain itu, JBS juga akan mendorong pengembangan tenant-tenant (penyewa) makanan dan lainnya untuk memfasilitasi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).

Baca juga: Seluruh Seksi Tol Balikpapan-Samarinda Bisa Dilintasi Pertengahan 2021

Adapun, seluruh seksi di Tol Balikpapan-Samarinda bisa dilintasi pengguna jalan pada pertengahan 2021.

Hal ini menyusul tuntasnya pembangunan Seksi 1 Balikpapan (KM 13)-Samboja dan Seksi 5 Sepinggan-Balikpapan (KM 13) yang ditargetkan segera dibuka untuk umum saat yang sama.

Untuk Seksi 1 Balikpapan (KM 13)-Samboja ditargetkan beroperasional pada akhir Kuartal-II 2021. Sementara, Seksi 5 Sepinggan-Balikpapan (KM 13) pada awal Kuartal III-2021.

Secara keseluruhan, progres konstruksi Tol Balikpapan-Samarinda Seksi 1 dan 5 telah mencapai 99,93 persen dan pembebasan lahannya sudah mencapai 99,97 persen per Jumat (22/1/2021).

Dengan rampungnya dua seksi terakhir yang merupakan porsi dukungan konstruksi Pemerintah pada Tol Balikpapan-Samarinda ini, maka akan melengkapi tiga seksi yang telah beroperasi pada Desember 2019 lalu.

Secara keseluruhan, Tol Balikpapan Samarinda memiliki total panjang 97,99 kilometer yang dibagi menjadi lima seksi.

Rinciannya, Seksi 5 ruas Sepinggan sepanjang 11,09 kilometer-Balikpapan (Km 13), Seksi 1 ruas Balikpapan (Km 13)-Samboja sepanjang 22,03 kilometer, dan Seksi 2 ruas Samboja-Muara Jawa sepanjang 30,98 kilometer.

Kemudian, Seksi 3 Muara Jawa-Palaran sepanjang 17,30 kilometer, serta Seksi 4 Palaran-Samarinda sepanjang 16,59 kilometer.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com