Tahun Depan, Hutama Karya Targetkan Kontrak Tiga Ruas Tol Baru

Kompas.com - 30/12/2020, 06:30 WIB
Ruas Sigli-Banda Aceh Seksi 3 (Jantho-Indrapuri) Jalan Tol Trans-Sumatera Hutama KaryaRuas Sigli-Banda Aceh Seksi 3 (Jantho-Indrapuri) Jalan Tol Trans-Sumatera

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Hutama Karya (Persero) menargetkan perjanjian pengusahaan jalan tol (PPJT) tiga ruas jalan tol terlaksana pada tahun 2021.

Ketiga ruas tol baru tersebut merupakan bagian dari jaringan Jalan Tol Trans-Sumatera (JTTS) yakni Tol Betung-Jambi sepanjang 169 kilometer, Tol Jambi-Rengat sepanjang 198 kilometer, dan Tol Rengat-Pekanbaru sepanjang 207 kilometer.

Direktur Operasi I Hutama Karya Suroto mengungkapkan hal itu dalam keterangan tertulis, Selasa (29/12/2020).

Suroto menjelaskan di tengah pandemi Covid-19, menjadi sebuah tantangan tersendiri dalam menjalankan kontruksi pembangunan jalan tol.

Karenanya Perseroan akan terus secara konsisten menerapkan protokol kesehatan terutama dalam konstruksi fisik jalan tol.

Baca juga: Hingga Akhir 2020, Hutama Karya Operasikan 513 Kilometer Tol Trans-Sumatera

"Kami berharap tahun depan menjadi tahun recovery untuk kita semua, sehingga seluruh target yang telah ditentukan oleh perusahaan pada tahun 2021 dapat tercapai,” ujar Suroto.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Suroto menuturkan, saat ini  Perseroan tengah menggarap sejumlah JTTS yakni Tol Sigli-Banda Aceh (60 kilometer) dengan progres konstruksi mencapai 63 persen, dan Tol Pekanbaru-Pangkalan (83 kilometer) dengan perkembangan fisik 41 persen.

Kemudian Tol Padang-Sicincin (37 kilometer) dengan progres konstruksi 34 persen, Tol Bengkulu-Taba Penanjung (18 kilometer) dengan kemajuan fisik 85 persen, dan Tol Sp. Indralaya-Muara Enim (121 kilometer) dengan perkembangan 19 persen.

Selanjutnya, Tol Binjai-Langsa (131 kilometer) dengan progres konstruksi 27 persen, Tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat (143 kilometer) dengan perkembangan fisik 53 persen dan Tol Indrapura-Kisaran (48 kilometer) dengan progres konstruksi 16 persen.

Dengan demikian, total panjang JTTS yang dibangun hingga penghujung tahun 2020 yakni 1.156 kilometer dengan 643 kilometer ruas konstruksi dan 513 kilometer ruas operasi.

"Kami menargetkan pada 2021 mendatang Tol Bengkulu-Taba Penanjung sepanjang 18 kilometer, Tol Sigli-Banda Aceh seksi 1-2 dan seksi 5-6, serta sejumlah seksi di sepanjang  Tol Pekanbaru-Padang tuntas dikerjakan," pungkas Suroto.

 



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X