Hingga Akhir 2020, Hutama Karya Operasikan 513 Kilometer Tol Trans-Sumatera

Kompas.com - 29/12/2020, 17:00 WIB
Interchange Tanjung Mulia Jalan Tol Trans Sumatera Ruas Medan-Binjai Seksi 1 Segmen Tanjung Mulia-Helvetia. Hutama KaryaInterchange Tanjung Mulia Jalan Tol Trans Sumatera Ruas Medan-Binjai Seksi 1 Segmen Tanjung Mulia-Helvetia.

JAKARTA, KOMPAS.com - Hingga tutup tahun 2020, PT Hutama Karya (Persero) Tbk menambah operasional dua ruas tol menjadi 513 kilometer.

Dua ruas yang menjadi bagian dari Jaringan Jalan Tol Trans-Sumatera (JTTS) tersebut adalah Jalan Tol Pekanbaru-Dumai yang dirancang sepanjang 132 kilometer, dan Tol Sigli-Banda Aceh Seksi 4 Indrapuri-Blang Bintang sepanjang 14 kilometer.

Direktur Operasi I Hutama Karya Suroto menuturkan, meski berada di tengah pandemi Covid-19 Hutama Karya tetap berkomitmen menyelesaikan mandat dari Pemerintah Indonesia.

“Tahun ini menjadi sebuah tantangan tersendiri bagi kami. Di samping mengutamakan kesehatan serta keselamatan para karyawan dan pekerja di proyek pembangunan JTTS yang merupakan proyek strategis nasional (PSN)," kata Suroto dalam keterangan tertulis, Selasa (29/12/2020).

Baca juga: H-2 Natal, Tol-Trans Sumatera Dilintasi 80.978 Kendaraan

Ruas Sigli-Banda Aceh Seksi 3 (Jantho-Indrapuri) Jalan Tol Trans-SumateraHutama Karya Ruas Sigli-Banda Aceh Seksi 3 (Jantho-Indrapuri) Jalan Tol Trans-Sumatera
Suroto menjelaskan, kedua ruas tol yang telah diresmikan dan dioperasikan pada tahun ini berdampak positif dan membawa value tersendiri bagi masing-masing wilayahnya.

Tol Pekanbaru-Dumai menjadi tol terpanjang ke-3 di Indonesia, contohnya, memiliki keunikan khusus yakni di sepanjang jalan bebas hambatan tersebut terdapat Underpass Perlintasan Gajah (UPG) pertama di Indonesia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Kami berkoordinasi dengan BBKSDA Riau untuk tetap menjaga kelestarian gajah-gajah di Sumatra, agar keseimbangan infrastruktur dan ekosistem tercapai," jelasnya.

Sementara itu, Tol Sigli-Banda Aceh Seksi 4 menjadi tol dengan proses pembebasan lahan tercepat.

Hal itu seperti yang disampaikan oleh Presiden Jokowi saat peresmian bulan Agustus silam.

Ruas Pekanbaru-Bangkinang Jalan Tol Trans-SumateraHutama Karya Ruas Pekanbaru-Bangkinang Jalan Tol Trans-Sumatera
"Ini menjadi sebuah hal yang positif, karena pada prinsipnya pembangunan tol didukung oleh masyarakat dan pihak setempat,” ungkap Suroto.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X