Kompas.com - 29/12/2020, 18:39 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Regional Jasamarga Nusantara Tollroad mencatat, rata-rata sebanyak 5.125 kendaraan per hari melintasi Jalan Tol Medan-Binjai (Mebi) Seksi 1B Akses Marelan-Simpang Susun (SS) Tanjung Mulia hingga Senin (28/12/2020).

Diketahui, jumlah volume kendaraan tersebut menuju Tol Belawan-Medan-Tanjung Morawa (Belmera) dan Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi (MKTT).

Jumlah kendaraan itu merupakan 23,33 persen dari rata-rata volume kendaraan per hari yang melintas di Tol MKTT atau sebanyak 21.963 buah.

Division Head Regional Jasamarga Nusantara Tollroad Teddy Rosady mengatakan hal itu dalam siaran persnya, Selasa (29/12/2020).

"Sedangkan, jika dibandingkan dengan total volume rata-rata perhari di ruas Tol Belmera sebanyak 67.111 kendaraan, angka tersebut menyumbang 6,23 persen dari Tol Mebi," kata Teddy.

Baca juga: Rest Area Tol Medan-Tebing Tinggi Siap Digunakan Libur Akhir Tahun

Teddy melanjutkan, kendaraan dari ruas Tol Mebi menuju Gerbang Tol (GT) Tebing Tinggi pada ruas tol MKTT mencapai 58 persen atau sebanyak 750 kendaraan dari total volume rata-rata perhari sebanyak 12.000 kendaraan yang melintas di pintu tersebut.

Menurut dia, tingginya volume kendaraan dari Mebi menuju Belmera dan MKTT menunjukkan kalau pengguna jalan merasakan manfaat dari dibukanya segmen tersebut.

Segmen tersebut dibuka secara fungsional  tanpa dikenakan tarif untuk melayani pengguna jalan tol selama libur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 (Nataru).

Pengoperasian segmen tersebut secara fungsional dilakukan mulai Rabu (23/12/2020) pukul 15.00 WIB hingga Senin (4/1/2021) pukul 18.00 WIB.

Dibukanya jadwal pengoperasian Seksi 1B ruas Tol Medan-Binjai ini mengikuti arahan Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Dia menghimbau para pengguna jalan yang melintas di SS Tanjung Mulia tetap berhati-hati dan membaca rambu-rambu lalu lintas (lalin).

"Sebab, ada beberapa bagian yang mengalami penyempitan karena masih berlangsungnya proses penyelesaian proyek SS Tanjung Mulia," jelas Teddy.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.