Kompas.com - 07/12/2020, 11:24 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Sentul City Tbk akhirnya menggugat balik Alfian Tito Suryansyah atas dugaan melawan hukum ke Pengadilan Negeri Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Gugatan tersebut dilakukan karena Alfian membatalkan secara sepihak rencana pertemuan antara dirinya dengan PT Sentul City Tbk untuk serah terima unit tanah dan bangunan.

Materi gugatan ini yang menjadi gugatan Alfian sebelumnya kepada PT Sentul City Tbk.

"Gugatannya perbuatan melawan hukum. Kami sudah mendaftarkan gugatan ini dengan nomor perkara 363/Pdt.G/2020/PN Cibinong," kata kuasa hukum PT Sentul City Tbk Tantawi J Nasution SH, dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Minggu (6/12/2020).

Tantawi menjelaskan, PT Sentul City Tbk telah beriktikad baik untuk dapat memenuhi gugatan Alfian selaku konsumennya.

Baca juga: Sentul City Sebut Gugatan PKPU Alfian Tito Tak Berdasar

Namun, Alfian tak hadir dan malah mengajukan permohonan penundaan kewajiban pembayaran utang (PKPU) yang dilayangkan kepada PT Sentul City Tbk pada Senin (30/11/2020).

"Kami sudah berupaya melakukan penyelesaian secara musyawarah, tapi saudara Alfian Tito tetap ngotot menempuh pengadilan PKPU," imbuh dia.

Lebih jauh, dalam perjanjian pengikatan jual beli (PPJB) yang dilakukan kedua belah pihak pada 6 Maret 2015, sebenarnya sudah diatur mekanisme terkait serah terima otomatis unit bangunan.

Adapun Alfian diketahui membeli unit tanah dan bangunan milik PT Sentul City Tbk di Jalan Gunung Kelimutu Nomor 0078, Green Mountain, Sentul City, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, dengan harga jual beli sebesar Rp 901 juta.

Tantawi menganggap Alfian melupakan aturan yang sudah ada yaitu Pasal 7.5 PPJB 0090/GMT/PPJBT/SC/III/2015 tertanggal 6 Maret 2015 telah mengatur mekanisme serah terima otomatis.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.