Dari Serpong ke AEON Mall BSD Bakal Tersambung Tol Akhir 2021

Kompas.com - 23/11/2020, 19:04 WIB
Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia (PUPR) yang diwakili oleh Plt Anggota BPJT Unsur Kementerian PUPR Mahbullah Nurdin didampingi Direktur PT Trans Bumi Serbaraja Dony Martadisata meninjau lokasi pembangunan proyek Jalan Tol Serpong-Balaraja (Serbaraja) pada Senin (23/11/2020). Dok. Sinar Mas LandKementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia (PUPR) yang diwakili oleh Plt Anggota BPJT Unsur Kementerian PUPR Mahbullah Nurdin didampingi Direktur PT Trans Bumi Serbaraja Dony Martadisata meninjau lokasi pembangunan proyek Jalan Tol Serpong-Balaraja (Serbaraja) pada Senin (23/11/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com - Sinarmas Land melalui PT Trans Bumi Serbaraja menargetkan, Jalan Tol Serpong-Balaraja atau Serbaraja Seksi 1A The Green-AEON Mall (Serpong-Legok) dapat beroperasi pada Kuartal IV tahun 2021.

Presiden Direktur PT Trans Bumi Serbaraja Christopher Siswanto Adisaputro mengatakan hal itu dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Senin (23/11/2020).

"Kami berharap konstruksi dapat berjalan lancar sehingga jalan Tol Serbaraja Seksi 1A yang menghubungkan kawasan The Green dengan AEON Mall BSD City bisa beroperasi di Kuartal-IV 202," tegas Christopher.

Christopher melanjutkan, Gerbang Tol (GT) Serbaraja Seksi 1A akan berlokasi tepat di sisi Aeon Mall.

GT ini akan terkoneksi dengan Stasiun Cisauk yang berada di kawasan Intermoda BSD City.

Baca juga: Tol Serpong-Balaraja Dukung Pengembangan Wilayah Barat Jakarta

Daerah itu merupakan area Transit Oriented Development ( TOD) yang menghubungkan beberapa layanan transportasi publik, termasuk shuttle bus BSD Link dan Commuter Line melalui Stasiun Cisauk.

Tol Serbaraja direncanakan memiliki 8 Simpang Susun ( SS) yang bisa menjadi akses baru dari Serpong hingga Balaraja yakni SS CBD, SS Industri, SS Legok, SS Mekar Jaya, SS Pasir Barat, SS Jambe, SS Cileles, dan SS Tigaraksa.

Pembangunannya terdiri dari tiga seksi yakni, Seksi I (Serpong-Legok) sepanjang 9,8 kilometer 11,3 kilometer, Seksi II (Legok–Pasir Barat) sepanjang 11,5 kilometer, dan Seksi III (Pasir Barat–Balaraja) sejauh 17,8 kilometer.

Kehadiran tol tersebut diharapkan dapat memudahkan mobilisasi warga BSD City dan sekitarnya.

Kemudian, adanya jalan bebas hambatan ini dapat membantu pertumbuhan sejumlah daerah urban di Kota Tangerang Selatan, Kabupaten Tangerang di Provinsi Banten, serta Kabupaten Bogor di Provinsi Jawa Barat.

Tol ini pun dapat meningkatkan konektivitas menuju wilayah Jakarta, Merak, dan Lampung karena terhubung dengan Balaraja sebagai akses masuk ke Tol Tangerang–Merak.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X