Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Setiap Gedung di Jakarta Bakal Diwajibkan Punya Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik

Kemungkinan itu dikemukakan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi saat membuka pameran Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2022, Rabu (02/11/2022).

Menurutnya, pemerintah bersama pemangku kepentingan terus berupaya menciptakan ekosistem kendaraan listrik dengan menyiapkan fasilitas-fasilitas pendukung.

Seperti baterai yang mudah didapatkan, memperbanyak stasiun pengisian daya, serta fasilitas pendukung lainnya.

"Beberapa waktu lalu saya bertemu Menteri ESDM dan Pj Gubernur DKI Jakarta untuk membahas kewajiban gedung-gedung yang ada di Jakarta untuk memiliki stasiun pengisian daya (charging station)," terang Budi dikutip dari laman Kemenhub.

Budi menyampaikan, penggunaan kendaraan listrik secara masif menjadi suatu keniscayaan yang harus dilakukan. Menjadi solusi dari masalah krisis energi fosil dan isu lingkungan (perubahan iklim).

"Subsidi BBM yang besar menyebabkan adanya tekanan pada APBN kita, dan kita mempunyai opsi lain yaitu melalui penggunaan kendaran listrik," ujarnya.

Untuk itu, dia meminta pelaku industri terus gencar memproduksi dan memasarkan kendaraan listrik di Indonesia.

Baik itu produksi baru, maupun melalui konversi dari kendaraan berbahan bakar fosil (BBM) menjadi listrik berbasis baterai.

"Saya mengapresiasi beberapa produsen besar sepeda motor sudah mulai memproduksi kendaraan listrik. Kita harus mulai memikirkan untuk melakukan konversi dari sepeda motor BBM ke listrik, agar peningkatannya bisa semakin masif," katanya.

Menhub menginginkan Indonesia tidak hanya sebagai pasar, tapi juga sebagai penghasil atau produsen produk-produk otomotif untuk kebutuhan global.

"Indonesia sangat berpotensi untuk menjadi produsen kendaran listrik karena memiliki sumber daya yang menghasilkan komponen dasarnya," pungkasnya.

Per 25 Oktober 2022, terdapat 24.847 unit sepeda motor listrik yang sudah mempunyai Sertifikat Registrasi Uji Tipe (SRUT), dengan rincian 24.738 unit baru dan 109 unit sepeda motor hasil konversi.

https://www.kompas.com/properti/read/2022/11/02/143000221/setiap-gedung-di-jakarta-bakal-diwajibkan-punya-stasiun-pengisian

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke