Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Hingga H-1 Lebaran, Jalur Arteri GT Madiun Tetap Lengang

Perwira Pengendali Pos Pengamanan Dumpil Slamet menjelaskan, mulai Sabtu (30/4/2022) sampai dengan kemarin tidak ditemukan penumpukan kendaraan hingga 1 kilometer.

“Normal, tidak ada kepadatan yang sampai panjang. Jadi mungkin rata-rata per 5 menit antara 30 sampai 50 kendaraan,” jelas Slamet saat ditemui Kompas.com.

Menurut Slamet, puncak arus mudik di GT Madiun terjadi pada hari Sabtu. Berdasarkan plat nomor kendaraan, pemudik diketahui berasal dari Surabaya dan Jawa Tengah, disusul oleh pemudik asal Jawa Barat dan DKI Jakarta.

Oleh karena itu tim Kepolisian yang bertugas di lokasi saling bekerja sama untuk menguraikan arus lalu lintas (lalin) demi kenyamanan pengguna jalan.

Terkait hal ini, Kepolisian melakukan antisipasi dengan Dinas Lalu Lintas Angkutan Jalan (DLLAJ), TNI dan tim kesehatan.

“Puncak arus mudik tanggal 30, malamnya sudah mulai turun (volume kendaraannya). 1 Mei pagi sudah semakin lancar,” tambah Slamet.

Sementara terkait arus balik, Slamet menjelaskan lalin di GT Madiun akan terus dipantau sampai dengan tanggal 10 Mei 2022.

Slamet menjelaskan kondisi lalin yang lengang juga akan terjadi selama arus balik, terlebih karena masa cuti yang ditetapkan pemerintah berlangsung lebih lama.

Untuk diketahui, Jalan Tol Ngawi-Kertosono sepanjang 87 kilometer dikelola oleh PT Jasa Marga Ngawi Kertosono Kediri (JNK).

Terdapat 3 simpang susun (SS), yakni SS Madiun, SS Caruban dan SS Nganjuk. Tersedia pula 2 rest area yang terletak di Km 597 dan Km 626 dengan sejumlah fasilitas untuk menunjang kenyamanan pengguna jalan.

Lebih lanjut, PT JNK memproyeksikan jumlah kendaraan yang melintas pada ruas Tol Ngawi-Kertosono mencapai 191.500 kendaraan pada puncak arus mudik Lebaran 2022.

Direktur Utama JNK Arie Irianto mengatakan arus kendaraan dari Jawa Barat, DKI Jakarta, serta Jawa Tengah menuju Jawa Timur, diperkirakan mencapai puncaknya pada 28 April-29 April 2022.

"Puncak arus mudik di sepanjang ruas Tol Ngawi-Kertosono diprediksi terjadi pada 28 dan 29 April 2022 seiring dengan dimulainya libur cuti bersama. Sedangkan puncak arus balik diperkirakan terjadi pada 8 Mei mendatang," kata Arie Irianto, dikutip dari Kompas.com.

Menurutnya pada puncak arus balik mendatang, jumlah kendaraan di sepanjang ruas Tol Ngawi-Kertosono diperkirakan mencapai 240.000 kendaraan.

https://www.kompas.com/properti/read/2022/05/02/160534421/hingga-h-1-lebaran-jalur-arteri-gt-madiun-tetap-lengang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke