Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tanpa China, Ini Top 10 Perusahaan Konstruksi Dunia Tahun 2022

JAKARTA, KOMPAS.com - Industri konstruksi terus berkembang pesat secara global dan diperkiran akan menghasilkan pendapatan sebesar 10,5 triliun Dolar AS atau setara Rp 151.334 triliun pada tahun 2023.

Dengan adanya kebutuhan infrastruktur yang kian meningkat setiap tahun, diperlukan perusahaan kontraktor terbaik untuk mengerjakannya.

Situs konstruksi, Construction Placements telah merilis daftar perusahaan konstruksi terbaik di dunia tahun 2022.

Posisi lima besar, diborong seluruhnya oleh perusahaan-perusahaan konstruksi asal Eropa, di mana perusahaan asal Perancis, VINCI yang ada di urutan teratas.

Sementara itu, perusahaan konstruksi Amerika Serikat Kiewit Corporation berada di peringkat ke-delapan, tepat di bawah perusahaan Perancis lainnya, Bouygues Construction.

China, yang merupakan raksasa konstruksi di wilayah Asia hanya mampu masuk di peringkat 20 besar, tepatnya di posisi ke-11 dan 12.

Pada posisi ke-11, ada China State Construction Engineering Corporation Ltd (China Construction), yang berdiri sejak tahun 2007. Sedangkan di posisi ke-12 diduduki oleh China Railway Group Limited (CREC).

Perusahaan Asia lainnya yang masuk dalam peringkat 20 besar adalah perusahaan konstruksi yang berbasis di India, Larsen & Toubro Limited (L&T Construction).

Berikut 10 perusahaan konstruksi terbaik di dunia versi situs konstruksi, Construction Placements.

1. VINCI, Perancis

VINCI merupakan perusahaan konstruksi yang didirikan oleh dua insinyur dari sekolah teknik elit Perancis, Polytechnique yakni Alexandre Giros dan Louis Loucheur,

Didirikan pada tahun 1899 dengan nama Societe Generale d'Entreprises (SGE). Nama perusahaan berubah menjadi VINCI pada tahun 2000 setelah merger dengan Grup GTM.

2. ACS Group, Spanyol
Actividades de Construccion y Servicios (ACS) adalah perusahaan Spanyol yang bergerak di bidang konstruksi sipil dan teknik, layanan, dan telekomunikasi.

Ini adalah salah satu perusahaan konstruksi terkemuka secara global dan pernah menangani proyek-proyek besar di seluruh dunia.

3. Bechtel, Amerika Serikat

Bechtel Corporation adalah perusahaan rekayasa, pengadaan, konstruksi, dan manajemen proyek yang berlokasi di San Fransisco, Amerika Serikat.

Perusahaan ini pernah dinobatkan sebagai perusahaan konstruksi terbesar di Amerika Serikat dan perusahaan swasta Amerika terbesar ke-8 pada tahun 2017.

4. Hochtief, Jerman

Hochtief Aktiengesellschaft adalah perusahaan konstruksi Jerman yang berbasis di Essen, Rhine-Westphalia Utara, Jerman.

Perusahaan ini telah menunjukan komitmennya terhadap pembangunan infrastruktur berkelanjutan. Di tahun 2022, Hochtief berhasil mendapatkan laba besih sebesar 208 juta Euro.

5. Skanska, Swedia

Skanska AB adalah perusahaan konstruksi dan pengembangan multinasional yang berbasis di Swedia. Skanska juga dinobatkan sebagai perusahaan konstruksi terbesar kelima secara global, menurut majalah Construction Global.

6. Balfour Beatty, Inggris

Di posisi ke enam, masih diisi oleh perusahaan asal Eropa yakni Balfour Beatt. Perusahaan ini merupaan perusahaan infrastruktur multinasional Inggris yangberfokus pada layanan konstruksi, layanan pendukung, dan investasi infrastruktur.

Balfour Beatty telah menangani banyak proyek di seluruh Inggris, Irlandia, Amerika Serikat, Kanada, bahkan sampai ke Asia Tenggara.

7. Bouygues Construction, Perancis

Bouygues Construction merupakan perusahaan konstruksi yang berkomitemen untuk mengerjakan proyek-proyek konstruksi berkelanjutan.

Perusahaan ini telah menangani proyek di 81 negara dan pada tahun 2021, berhasil mendapatkan laba bersih senilai 1.1 miliar Euro.

8. Kiewit Corporation, Amerika Serikat

Kiewit Corporation merupakan salah satu perusahaan konstruksi terbesar di Amerika Utara dan telah mengerjakan berbagai proyek infrastruktur. Perusahaan ini didirikan oleh Peter Kiewit sejak tahun 1884.

Kiewit berlokasi di Nebraska dan ditetapkan sebagai perusahaan terbaik ke-7 dalam daftar Top-40 Kontraktor Kanada di Majalah On-Site, 2020.

9. Grup Royal BAM, Belanda

Koninklijke BAM Groep adalah bisnis jasa konstruksi Belanda yang berkantor pusat di Bunnik dan telah didirikan sejak tahun 1869.

10. Laing O'Rourke, Inggris Raya

Laing O'Rourke adalah perusahaan konstruksi multinasional yang berkantor pusat di Dartford, Inggris.

Perusahaan ini didirikan pada tahun 1978 oleh Ray O'Rourke dan merupakan perusahaan konstruksi swasta terbesar di Inggris.

https://www.kompas.com/properti/read/2022/04/13/174007021/tanpa-china-ini-top-10-perusahaan-konstruksi-dunia-tahun-2022

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke