Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

11 Barang yang Tidak Boleh Disimpan di Atas Kulkas, Ini Risikonya

Kompas.com - 27/03/2024, 09:00 WIB
Bella Nurmaya Putri,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kulkas adalah salah satu perangkat eletronik rumah tangga yang digunakan untuk menyimpan makanan dan minuman agar tetap segar serta tahan lama.

Di bagian atas kulkas, terdapat ruang kosong yang biasa digunakan untuk meletakkan dan menyimpan barang-barang, seperti peralatan elektronik kecil, wadah berisi persediaan makanan, hingga tanaman hias.

Meski demikian, bagian atas kulkas bukan tempat terbaik untuk penyimpanan. Jadi, sebaiknya Anda berpikir dua kali sebelum melakukannya. 

Baca juga: Jangan Dilakukan, Ini 6 Kesalahan Menyimpan Makanan di Kulkas

Mengapa tidak boleh menyimpan barang di atas kulkas?

Ilustrasi kulkas di dapur.SHUTTERSTOCK/RUSSO PHOTOGRAPHY Ilustrasi kulkas di dapur.
Michael Gottron, pemilik Germicide Maids—jasa pembersih rumah asal Amerika Serikat (AS)—mengatakan menjaga area di atas kulkas tetap bersih tidak hanya menjaga kebersihan dapur, tetapi juga memastikan kinerja dan umur panjang kulkas. 

Gottron mengingatkan risiko utama saat menyimpan barang di atas kulkas adalah barang tersebut dapat jatuh saat pintu kulkas dibuka-tutup, bahkan tersenggol. Hal ini dapat menyebabkan cedera serius atau kerusakan barang.

Selain itu, menurut Mattie Sheppard, penasihat desain interior dan pembersihan strategis di Real Estate Bees, panas yang dihasilkan motor kulkas dapat mempengaruhi kualitas dan keamanan barang-barang tertentu. 

Baca juga: Catat, Ini Suhu Kulkas yang Ideal untuk Menjaga Makanan Tetap Segar

Begitu pun bagian atas kulkas sering kali menjadi area yang terabaikan dalam hal pembersihan sehingga menyebabkan debu dan kotoran menumpuk.

Hal penting lainnya, kulkas membutuhkan ventilasi agara berfungsi baik. Menyimpan barang di atas kulkas berpotensi menghalangi ventilasi dan menyebabkan ketidakefisienan di dalam kulkas.

Lauren Saltman, pemilik Living. Simplified—Layanan pengorganisasian profesional asal AS—mengatakan kulkas memerlukan ruang ventilasi setengah hingga satu inci di bagian atas, samping, dan belakang kulkas untuk fungsi dan keamanan optimal. 

Menyimpan barang di atas kulkas dapat menghalangi ventilasi alat yang memaksa kulkas bekerja lebih keras untuk menjaga isi kulkas tetap dingin. 

Baca juga: Cocok untuk Keluarga Besar, Ini 5 Keunggulan Kulkas Polytron FlexUp 5in1

Barang yang tidak boleh disimpan di atas kulkas

Ada sejumlah barang yang tidak boleh disimpan di atas kulkas karena bisa merusak barang tersebut, merusak kulkas, serta mendatang risiko buruk, seperti dikutip dari Martha Stewart, Rabu (27/3/2024). 

  • Tanaman 

Ilustrasi tanaman hias pakis bird's nest.Shutterstock/FotoHelin Ilustrasi tanaman hias pakis bird's nest.
Menambahkan tanaman ke dalam ruangan adalah ide bagus karena bisa membuat ruangan terlihat lebih hidup dan menyegarkan.

Namun, pastikan menempatkan tanaman di tempat yang cocok agar dapat tumbuh baik. Area di atas kulkas bukan tempat terbaik meletakkan tanaman. 

Menurut Saltman, meski tanaman mungkin suka dengan suhu hangat sesaat, tapi penting menjaga tanahnya tetap lembap.

Selain itu, suhu yang tinggi di atas kulkas bisa membuat tanah cepat kering serta membuat tanaman tidak mendapatkan cukup cahaya matahari. 

Baca juga: Cara Menyimpan Jamur di Kulkas agar Tetap Segar dan Tahan Lama

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com