Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Tips agar Warna Pakaian Tidak Pudar Setelah Dicuci

Kompas.com - 26/03/2024, 14:52 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu masalah yang sering dihadapi setelah mencuci pakaian berwarna yaitu warna pakaian tersebut luntur atau pudar. 

Warna yang memudar membuat pakaian menjadi kurang menarik karena terlihat kusam. Padahal, ada beberapa cara untuk mencegah warna pakaian memudar

Dikutip dari The Spruce, Selasa (26/3/2024), berikut ini beberapa tips agar warna pakaian tidak pudar setelah dicuci

Baca juga: 4 Cara Mencegah Warna Pakaian Memudar

Cuci pakaian berwarna gelap bersamaan

Ilustrasi mencuci pakaian hitamShutterstock/pumatokoh Ilustrasi mencuci pakaian hitam

Menyortir pakaian berdasarkan warna menjadi langkah penting sebelum mencuci pakaian tersebut. Sebaiknya, pisahkan pakaian berwarna terang dan gelap saat mencuci.

Cuci pakaian berwarna gelap bersama-sama untuk mencegah agar warna pakaian tersebut tidak pudar. 

Balik pakaian

Selanjutnya, tips agar warna pakaian tidak pudar setelah dicuci yaitu balik pakaian saat mencuci dan mengeringkan pakaian. 

Mencuci dan mengeringkan pakaian bisa merusak bagian luar pakaian. Dengan membalikkan pakaian dari dalam keluar, maka akan mengurangi risiko kerusakan pada pakaian. 

Selain mencegah kerusakan, membalikkan pakaian juga bisa mengurangi risiko warna pakaian memudar saat dijemur di bawah sinar matahari langsung. 

Baca juga: 4 Cara Mengembalikan Warna Pakaian yang Pudar

Baca label perawatan pakaian

Sebelum mencuci pakaian, sangat dianjurkan untuk membaca label perawatan terlebih dahulu. Dengan demikian, proses pencucian bisa dilakukan dengan benar dan warna tetap terjaga. 

Selain membaca petunjuk pencucian, jangan lupa untuk mencermati cara pengeringannya. Sebab, setiap pakaian memiliki cara pengeringan yang berbeda-beda. Pengeringan yang tepat juga bisa menjaga warna pakaian agar tetap menarik. 

Jangan mencuci terlalu banyak pakaian

Mengisi mesin cuci dengan banyak pakaian bisa membuat mesin bekerja lebih keras. Akibatnya, detergen dan air tidak bisa terdistribusi dengan baik dan pakaian menjadi tidak bersih. 

Selain membuat pakaian kurang bersih, mesin cuci yang terlalu penuh juga membuat pakaian kering lebih lama, sehingga proses pengeringan menjadi kurang efisien. 

Baca juga: Cara Menggunakan Cuka untuk Mencegah Warna Pakaian Memudar

Mencuci pakaian dengan air dingin

ilustrasi mencuci pakaian sutra di mesin cuciShutterstock/Zenzeta ilustrasi mencuci pakaian sutra di mesin cuci

Cara mencegah pakaian memudar yaitu mencuci pakaian dengan air dingin. Mencuci dengan air dingin membuat detergen bekerja dengan maksimal. 

Meski demikian, tidak semua pakaian bisa dicuci menggunakan air dingin. Ada juga pakaian yang lebih cocok dicuci menggunakan air panas. Maka dari itu, pastikan untuk membaca label perawatan terlebih dahulu sebelum mencuci. 

Tambahkan cuka

Terakhir, tips agar warna pakaian tidak pudar setelah dicuci yaitu menambahkan cuka saat mencuci pakaian. 

Meski aromanya tak sedap, cuka bisa menjadi pelembut alami pada pakaian dan membuat pakaian tidak mudah pudar. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com