Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/03/2024, 15:35 WIB
Bella Nurmaya Putri,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber Today

JAKARTA, KOMPAS.com - Membaca buku menjadi hobi bagi beberapa orang. Hobi membaca ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan.

Namun, membaca buku memerlukan lingkungan yang tenang dan nyaman agar dapat memahami bacaan. 

Baca juga: 5 Ide Memanfaatkan Sudut Kosong di Rumah agar Fungsional

Sebagai solusi, Anda bisa menciptakan sudut baca di rumah. Sudut baca ini tidak hanya memberi ketenangan dan kenyamanan, tapi juga meningkatkan estetika rumah serta mendukung konsentrasi. 

Anda tidak perlu merombak ruangan untuk membuat sudut baca. Cukup mengambil ruang yang suda ada di rumah, lalu mulai mendekorasinya. 

Dilansir dari Today, Kamis, (29/02/2024), berikut cara menciptakan sudut baca di rumah

Menentukan lokasi yang nyaman

Ilustrasi sudut baca di rumah.Shutterstock/SeventyFour Ilustrasi sudut baca di rumah.

Untuk meningkatkan konsentrasi saat membaca, penting menempatkan sudut baca di tempat yang sepi di rumah. 

Pilih area yang tenang, seperti sudut yang jarang digunakan, sudut kosong di bawah tangga, atau sudut terbuka di dalam kamar tidur. 

Julia Mack, desainer interior di Julia Mack Design, mengatakan hal paling penting adalah tidak perlu tempat duduk dekat jendela yang sempurna atau perapian perpustakaan berpanel.

Hanya dibutuhkan kursi yang nyaman untuk menciptakan sudut baca yang ideal tanpa perlu terlalu banyak desain.

Jika sudutan Anda terbatas, Mack merekomendasikan menggunakan tempat tidur sebagai sudut baca, dilengkapi beberapa bantal besar untuk menopang punggung. 

"Duduk di atas tempat tidur yang nyaman dengan bantal bisa menjadi alternatif untuk sudut baca yang sesungguhnya," katanya. 

Baca juga: 6 Cara Membuat Sudut Buku di Rumah yang Nyaman

Memiliki penerangan yang cukup 

Ilustrasi sudut baca. Sudut baca adalah salah satu cara membuat kamar tidur terasa lebih nyaman.SHUTTERSTOCK/URSULA PAGE Ilustrasi sudut baca. Sudut baca adalah salah satu cara membuat kamar tidur terasa lebih nyaman.
Selajutnya, cara menciptakan sudut baca di rumah adalah memiliki penerangan yang cukup. Rashida Bank, desainer interior dan konten kreator di Amerika Serikat, menyarankan memasang lampu lantai atau lampu lilin di dinding untuk membantu menerangi sudut baca.

Bisa pula memilih sudut baca yang dekat dengan jendela untuk mendapat penerangan alami. “Menyenangkan melihat ke luar, terutama jika pemandangannya indah,” ucapnya.

Mack juga setuju bahwa sudut baca yang berada di dekat jendela merupakan tempat terbaik. Ini akan memudahkan membaca buku pada siang hari.

Halaman:
Sumber Today
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com