Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Kesalahan Saat Membersihkan Lemari Dapur yang Harus Dihindari

Kompas.com - 05/02/2024, 19:20 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Lemari dapur perlu rutin dibersihkan agar tetap terawat dan tahan lama. Tak hanya permukaannya, bagian dalam lemari juga perlu dibersihkan karena biasanya terdapat tumpahan bahan makanan atau debu yang menumpuk.

Membersihkan lemari sebenarnya mudah. Namun, masih banyak diantara kita yang melakukan kesalahan saat membersihkan lemari dapur.

Baca juga: Cara Membersihkan Lemari Dapur yang Berjamur

Kesalahan dalam membersihkan lemari dapur bisa membuat furnitur tersebut mudah rusak. Dilansir dari Homes and Gardens, Senin (5/2/2024), berikut ini kesalahan saat membersihkan lemari dapur yang sebaiknya dihindari.

Membasahi lemari dengan air

Ilustrasi membersihkan kitchen set, membersihkan lemari dapur.SHUTTERSTOCK/UNDREY Ilustrasi membersihkan kitchen set, membersihkan lemari dapur.

Andrii Gurskyi, seorang pengusaha dan ahli kebersihan mengatakan salah satu kesalahan saat membersihkan lemari dapur yaitu terlalu banyak menggunakan air atau larutan pembersih. Kesalahan ini membuat lapisan pelindung lemari rusak.

Dibandingkan menyemprotkan larutan pembersih langsung ke permukaan lemari, lebih baik menyemprotkan larutan pembersih ke kain. Lalu, kain tersebut digunakan untuk menggosok lemari dan keringkan.

Baca juga: 9 Cara Membersihkan Lemari Dapur agar Kembali Kinclong

Menggunakan produk pembersih abrasif

Kesalahan saat membersihkan lemari dapur lainnya yaitu menggunakan produk pembersih yang abrasif. Spons kasar dan bahan kimia yang abrasif bisa membuat lemari dapur rusak.

Sebaiknya, gunakan spons penggosok atau spons cuci piring yang lembut dan bahan pembersih lembut untuk membersihkan lemari.

Andrii menyarankan untuk menggunakan larutan pembersih lembut dan tidak beracun seperti cuka dan air atau sabun cuci piring yang lembut.

Menggosok lemari terlalu keras

Menggorok lemari terlalu keras bisa merusak permukaan dari furnitur ini. Maka dari itu, saat membersihkan lemari dapur, sebaiknya dilakukan dengan lembut.

Baca juga: Cara Membersihkan Lemari Dapur dengan Benar Menurut Ahli

Tak hanya menggunakan gerakan yang lembut, alat pembersih yang digunakan juga harus lembut. Andrii mengingatkan untuk tidak menggunakan kain kering atau handuk kertas saat membersihkan lemari dapur, karena bisa meninggalkan bekas.

Sebaiknya, gunakan kain lembut atau kain mikrofiber saat membersihkan lemari dapur agar permukaan lemari tidak rusak.

Tidak membersihkan area yang tersembunyi

Ilustrasi membersihkan lemari dapur.SHUTTERSTOCK/TINATIN Ilustrasi membersihkan lemari dapur.

Saat membersihkan lemari dapur, seringkali ada area tersembunyi yang lupa dibersihkan. Kesalahan ini akan menimbulkan bau dan penumpukan kotoran.

Bagian-bagian yang sering dilupakan seperti bagian dalam pintu lemari, gagang pintu, dan area sudut lemari. Pada bagian sudut dan celah lemari, sebaiknya dibersihkan menggunakan penyedot debu agar lebih mudah.

Baca juga: 8 Cara Membersihkan Lemari Dapur agar Bebas Kotoran dan Noda Minyak

Tidak membersihkan lemari dengan rutin

Terakhir, kesalahan saat membersihkan lemari dapur yaitu tidak membersihkan lemari dengan rutin. Kesalahan ini membuat kotoran menumpuk dan sulit dibersihkan.

Andrii mengatakan lemari dapur perlu dibersihkan setiap sebulan sekali. Namun, jika dapur sering digunakan untuk memasak, maka lemari dapur harus dibersihkan lebih sering.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com