Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 10/10/2023, 20:37 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - String of hearts (Ceropegia woodii) adalah tanaman hias yang populer dan mudah diperbanyak.

Ada tiga cara memperbanyak tanaman string of hearts, yakni stek perakaran di air, stek perakaran di tanah, atau perbanyakan dengan umbi. 

Baca juga: Cara Merawat String of Turtles, Tanaman Sukulen Mini Berdaun Unik

Waktu terbaik memperbanyak tanaman string of hearts adalah pada musim semi atau musim panas ketika tanaman sedang aktif tumbuh.

Bisa pula memperbanyak tanaman string of hearts pada musim gugur atau musim dingin, tetapi akan memakan waktu lebih lama dan kemungkinan gagal lebih besar. 

Untuk membantu Anda, berikut cara memperbanyak tanaman string of hearts dengan tiga berbeda disadur dari The Spruce, Selasa (10/10/2023). 

Cara memperbanyak tanaman string of hearts dalam air

Ilustrasi tanaman hias string of hearts.Shutterstock/Andriana Syvanych Ilustrasi tanaman hias string of hearts.
Sama dengan banyak tanaman hias lainnya, string of hearts mudah diperbanyak dalam air. Berikut cara memperbanyak tanaman string of hearts dalam air. 

Baca juga: 6 Tips Merawat String of Dolphin, Sukulen Berdaun Mirip Lumba-lumba

  • Ambil stek

Dengan menggunakan gunting atau gunting pangkas yang bersih, ambil stek batang dengan setidaknya tiga hingga empat ruas dari tanaman induk. Buang bagian bawah daun dari batang.

  • Masukkan stek ke dalam air

Isi stoples kaca kecil atau vas dengan air bersuhu ruangan dan masukkan stek ke dalam air, pastikan daun yang tersisa pada batang berada di atas permukaan.

Setidaknya, harus ada dua ruas yang terendam. Letakkan wadah di tempat terang dan hangat serta ganti airnya seminggu sekali. Akar akan mulai tumbuh dalam beberapa minggu.

  • Tanam stek berakar

Setelah akarnya sepanjang satu sentimeter, stek dapat dipindahkan ke tanah. Gunakan campuran pot yang dikeringkan dengan baik dan sirami stek yang baru ditanam secara menyeluruh.

Jaga tanah tetap lembap selama beberapa minggu pertama untuk membantu stek menyesuaikan diri, kemudian lanjutkan jadwal penyiraman secara teratur. 

Baca juga: String of Hearts, Tanaman Hias Cantik yang Diprediksi Populer di 2021

Cara memperbanyak tanamana string of hearts di tanah

Ilustrasi tanaman hias string of hearts.Shutterstock/Lana_M Ilustrasi tanaman hias string of hearts.

Tanaman string of hearts juga dapat dengan mudah diperbanyak di dalam tanah. Berikut cara memperbanyak tanaman string of hearts di tanah.

  • Ambil stek

Dengan menggunakan gunting pangkas yang bersih, ambil stek batang desetidaknya tiga hingga empat ruas dari tanaman induk. Buang bagian bawah daun dari batang. 

  • Tanam stek di tanah

Isi wadah pot kecil dengan campuran tanah yang dikeringkan dengan baik dan basahi tanah dengan botol semprot, kemudian tanam stek batang. Pastikan setidaknya dua ruas terkubur di dalam tanah.  

Baca juga: Cara Memperbanyak Tanaman Lidah Mertua, Mudah dan Murah

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com