Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Merawat String of Turtles, Tanaman Sukulen Mini Berdaun Unik

Kompas.com - 02/10/2021, 18:00 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - String of Turtles (Peperomia prostrata) adalah tanaman sukulen kecil asli Brazil. Tanaman ini populer untuk koleksi tanaman hias di rumah maupun apartemen.

Dilansir dari The Spruce, Sabtu (2/10/2021), tanaman String of Turtles berukuran kecil dan memiliki tingkat pertumbuhan yang lambat, mencapai kematangan penuh dalam tiga hingga lima tahun. Tanaman ini bisa menjadi pilihan yang baik jika Anda memiliki ruang terbatas.

Bentuk daun tanaman yang menarik juga menjadikannya favorit untuk digunakan di pot, pot gantung, maupun terrarium. Tanaman ini memperoleh namanya dari bentuk daunnya yang menyerupai cangkang kura-kura mini.

Baca juga: Catat, 5 Kesalahan Merawat Tanaman Sukulen di Dalam Ruangan

Setiap daun kecil pada sulurnya memiliki pola multi-warna yang rumit yang menutupi permukaanny. Warna-warnanya menjadi redup seiring bertambahnya usia dan akhirnya menjadi dua warna karena usia, biasanya hijau gelap yang dikontraskan dengan hijau muda.

Berikut cara merawat tanaman String of Turtles, yang cantik dijadikan tanaman hias dalam rumah alias tanaman hias indoor.

Tanaman String of Turtles yang dirawat dengan baik akan menghadiahi pemiliknya dengan tanaman merambat yang unik, terawat dengan baik.

1. Pencahayaan

Tanaman ini menyukai sinar matahari tidak langsung yang cerah dan akan tumbuh subur dalam kondisi ini. Menyimpan tanaman ini di bawah sinar matahari penuh terlalu lama akan merusak daun, tetapi terlalu sedikit cahaya akan membuatnya gagal menghasilkan pertumbuhan baru.

Baca juga: 5 Tanaman Sukulen yang Aman untuk Anjing dan Kucing

2. Tanah dan media tanam

Anda dapat menggunakan media tanam yang telah diformulasikan khusus untuk tanaman sukulen dan kaktus. Media tanam yang sebagian besar terdiri dari bahan organik harus digunakan.

Adapun media tanam yang kaya akan gambut sangat ideal. Gambut bersifat asam, yang sangat cocok untuk tanaman ini, tetapi berhati-hatilah agar pHnya tidak terlalu rendah.

3. Air

Tanaman String of Turtles lebih sering menderita overwatering atau kelebihan air ketimbang kekurangan air. Tanaman ini berasal dari hutan hujan tropis, sehingga lebih menyukai kondisi yang sedikit lembap.

Ini dapat dicapai dengan menjaga tanah tetap lembap hanya selama musim tanam. Hindari penyiraman yang berlebihan dengan membasahi tanah sampai air habis dari dasar pot, dan tanah benar-benar lembap.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com