Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 11/11/2022, 13:24 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -  Pothos atau sirih gading adalah salah satu tanaman hias yang paling populer. 

Pothos adalah tanaman tropis abadi yang tampilannya mudah dikenali seperti daun berbentuk hati, tekstur licin seperti berlilin, dan tumbuh merambat atau menjulur ke bawah. 

Baca juga: 5 Jenis Tanaman Pothos yang Populer Ditanam di Rumah

Tanaman pothos tidak rewel terhadap cahaya, air, atau pemupukan. Selain itu, tanaman pothos juga bisa diperbanyak dan cara melakukannya terbilang mudah. 

Memperbanyakan tanaman pothos dimulai dengan buku akar pada batang tepat di bawah persimpangan daun atau cabang. Benjolan kecil pada batang akar pothos ini adalah kunci untuk memperbanyak tanaman pothos.

Ketika tanaman yang menua mulai berkaki panjang atau tanaman tumbuh terlalu panjang, cukup potong tanaman.  

Baca juga: 9 Cara Membuat Daun Tanaman Pothos Tumbuh Lebih Besar

Cara memperbanyak tanaman pothos

Ilustrasi tanaman pothos jenis Marble queen pothos, Ilustrasi tanaman sirih gading.Unsplash/feeypflanzen Ilustrasi tanaman pothos jenis Marble queen pothos, Ilustrasi tanaman sirih gading.
Dilansir dari Gardening Know How, Jumat (11/11/2022), mulailah dengan memotong batang sehat sepanjang 10-15 sentimeter untuk stek pothos. 

Pastikan setiap stek memiliki empat daun atau lebih. Setelah itu, potong atau gunting buang daun yang paling dekat dengan ujung. Setelah memotong batang, saatnya mulai melakukan perbanyakan.

Memperbanyak tanaman pothos dapat dilakukan dengan dua cara. Anda bisa mencoba keduanya untuk melihat mana yang paling cocok. 

Baca juga: 5 Perbedaan Tanaman Hias Pothos vs Philodendron 

Metode pertama memperbanyak tanaman pothos adalah menempatkan ujung batang yang dipotong ke dalam air. Gelas tua atau jelly jar sangat cocok untuk akar tanaman pothos.

Setelah itu, letakkan wadah di tempat yang mendapat banyak cahaya, tetapi tidak terkena sinar matahari langsung.

Setelah sekitar sebulan saat akar mulai terlihat atau akar berukuran panjang lima sampai 7,5 sentimeter, Anda dapat menanam stek di tanah serta memperlakukannya seperti tanaman hias lainnya. 

Sementara, metode kedua memperbanyak tanaman pothos sama dengan cara pertama. Caranya, ambil stek pothos dan buang daun pertama di atas ujung yang dipotong, lalu celupkan ujung yang dipotong ke dalam hormon akar. Pastikan menutupi kumpulan simpul akar pertama. 

Baca juga: Mengapa Daun Pothos atau Sirih Gading Menguning? Ini Penyebabnya

Selanjutnya, atur stek dalam campuran pot setengah lumut gambut dan setengah perlit atau pasir. Jagalah agar tanah tetap lembap dan jauhkan tanaman pothos dari sinar matahari langsung.

Akar akan berkembang setelah satu bulan dan setelah dua atau tiga bulan tanaman baru akan siap. Nah, itu dia cara memperbanyak tanaman pothos. Selamat mecoba! 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com