Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Cara Mencegah Kucing Peliharaan Mengalami Obesitas

Kompas.com - 11/11/2022, 09:35 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber Hepper

JAKARTA, KOMPAS.com - Obesitas atau kelebihan berat badan adalah masalah yang banyak dialami hewan peliharaan, termasuk kucing.

Sama dengan manusia, kucing yang makan terlalu banyak makanan berkalori tinggi dan tidak cukup berolahraga bisa mengalami obesitas

Baca juga: Kucing Obesitas? Ini Cara Mengontrol Pola Makan Berlebih

Menurut Pet Obesity Prevention atau Asosiasi Pencegahan Obesitas Hewan Peliharaan, sekitar 60 persen kucing mengalami obesitas. 

Tentu saja, kelebihan berat badan ini dapat menyebabkan beberapa masalah kesehatan pada kucing, di antaranya diabetes, masalah saluran kemih, osteoartritis, peningkatan hormon stres dan peradangan, umur lebih pendek

Meski masalah ini juga dapat terjadi pada kucing dengan berat badan normal, obesitas dapat memperburuknya. 

Karena itu, penting menjaga berat badan kucing peliharaan agar tetap ideal dan melakukan langkah pencegahan. Diet dan olahraga yang tepat adalah kunci mencegah kucing obesitas

Dikutip dari Hepper, Jumat (11/11/2022), berikut cara mencegah kucing obesitas

Baca juga: Hati-hati, Obesitas pada Anjing dan Kucing Sebabkan Osteoarthritis 

Hilangkan pemberian makan gratis 

Ilustrasi kucing obesitas, kucing kegemukan. PIXABAY/MRSBROWN Ilustrasi kucing obesitas, kucing kegemukan.
Banyak pemilik kucing meletakkan semangkuk penuh makanan kering untuk kucing pada pagi hari dan membiarkannya merumput sepanjang hari.

Hal ini biasa terjadi, terutama ketika pemilik berada di luar rumah selama beberapa jam. Padahal, dapat menyebabkan kucing makan berlebihan.

Ukur porsi harian makanan kering (periksa label paket untuk ukuran porsi yang disarankan), bagi menjadi dua atau empat kali makan per hari dan jangan isi ulang mangkuk, bahkan jika kucing peliharaan meminta lebih.

Perlu diingat, makanan kering dapat memiliki lebih banyak karbohidrat daripada makanan basah. Anda dapat menghilangkan makanan kering dari diet kucing dan hanya memberi makan sahabat bulu makanan segar atau kalengan, yang bisa lebih baik untuk berat badan. 

Baca juga: Waspada, Ini 7 Tanda Hewan Peliharaan Mengalami Obesitas 

Pilih makanan kucing tinggi protein 

Selanjutnya, cara mencegah kucing obesitas adalah memilih makanan tinggi protein. Seperti diketahui, kucing adalah karnivora.

Kucing berkembang biak dengan makanan yang mengandung protein hewani berkualitas tinggi dan sangat sedikit bahan pengisi non-daging. Bagaimana cara mengetahui apakah suatu makanan mengandung protein tinggi?

Periksa daftar bahan pada label untuk memastikan bahwa bahan utama yang tercantum adalah protein hewani berkualitas seperti ayam atau ikan.

Makanan basah umumnya memiliki lebih banyak protein dan lebih sedikit karbohidrat daripada makanan kering, yang merupakan alasan bagus lainnya untuk membatasi asupan makanan kering. 

Baca juga: Cara Menghentikan Kucing Mendengkur Akibat Obesitas 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com