Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

3 Cara Memperbanyak Tanaman String of Hearts

Ada tiga cara memperbanyak tanaman string of hearts, yakni stek perakaran di air, stek perakaran di tanah, atau perbanyakan dengan umbi. 

Waktu terbaik memperbanyak tanaman string of hearts adalah pada musim semi atau musim panas ketika tanaman sedang aktif tumbuh.

Bisa pula memperbanyak tanaman string of hearts pada musim gugur atau musim dingin, tetapi akan memakan waktu lebih lama dan kemungkinan gagal lebih besar. 

Untuk membantu Anda, berikut cara memperbanyak tanaman string of hearts dengan tiga berbeda disadur dari The Spruce, Selasa (10/10/2023). 

  • Ambil stek

Dengan menggunakan gunting atau gunting pangkas yang bersih, ambil stek batang dengan setidaknya tiga hingga empat ruas dari tanaman induk. Buang bagian bawah daun dari batang.

  • Masukkan stek ke dalam air

Isi stoples kaca kecil atau vas dengan air bersuhu ruangan dan masukkan stek ke dalam air, pastikan daun yang tersisa pada batang berada di atas permukaan.

Setidaknya, harus ada dua ruas yang terendam. Letakkan wadah di tempat terang dan hangat serta ganti airnya seminggu sekali. Akar akan mulai tumbuh dalam beberapa minggu.

  • Tanam stek berakar

Setelah akarnya sepanjang satu sentimeter, stek dapat dipindahkan ke tanah. Gunakan campuran pot yang dikeringkan dengan baik dan sirami stek yang baru ditanam secara menyeluruh.

Jaga tanah tetap lembap selama beberapa minggu pertama untuk membantu stek menyesuaikan diri, kemudian lanjutkan jadwal penyiraman secara teratur. 

Tanaman string of hearts juga dapat dengan mudah diperbanyak di dalam tanah. Berikut cara memperbanyak tanaman string of hearts di tanah.

  • Ambil stek

Dengan menggunakan gunting pangkas yang bersih, ambil stek batang desetidaknya tiga hingga empat ruas dari tanaman induk. Buang bagian bawah daun dari batang. 

  • Tanam stek di tanah

Isi wadah pot kecil dengan campuran tanah yang dikeringkan dengan baik dan basahi tanah dengan botol semprot, kemudian tanam stek batang. Pastikan setidaknya dua ruas terkubur di dalam tanah.  

  • Tutup pot dengan kantong plastik

Selanjutnya, cara memperbanyak tanaman string of hearts di tanah adalah menutup pot dengan kantong plastik. Hal ini berguna meningkatkan kelembapan yang akan mendorong perakaran.

Lepaskan kantong seminggu sekali selama 10-15 menit untuk memberikan udara segar pada stek. Sebagai alternatif, jika memiliki lemari rumah kaca atau jenis rumah kaca dalam ruangan lainnya, itu adalah tempat ideal untuk perbanyakan ini.

Pastikan stek berada di lokasi hangat yang menerima cahaya terang dan tidak langsung.

  • Jaga kelembapan tanah secara merata

Jaga tanah tetap sedikit lembap, tetapi tidak sampai basah kuyup, sampai akar mulai tumbuh. Setelah stek membentuk akar, kantong dapat dilepas dan jadwal penyiraman secara teratur dapat dilanjutkan.   

  • Siapkan pot

Isi pot kecil dengan campuran tanah yang dikeringkan dengan baik dan letakkan di samping tanaman string of hearts. 

  • Tanam umbi

Tanpa memotong batangnya, gantungkan batang yang ingin diperbanyak di atas tanah pot baru sehingga umbi udara berada di atas tanah.

Kubur sedikit untuk menahannya di tempatnya dan gulung sisa batang di sekitar bagian dalam pot. Gunakan penjepit kertas yang ditekuk untuk menahan batangnya ke dalam tanah jika diperlukan. 

  • Jaga kelembapan tanah secara merata

Selanjutnya, cara memperbanyak tanaman string of hearts dengan umbi adalah menjaga  tanah tetap lembap saat umbi berakar.

  • Potong umbi yang sudah berakar dari tanaman induk

Setelah umbi berakar, batangnya dapat dipotong dari tanaman induk dan jadwal penyiraman secara teratur dapat dilanjutkan.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/10/10/203716576/3-cara-memperbanyak-tanaman-string-of-hearts

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke