Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/05/2023, 20:21 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kabel ties atau kabel zip adalah benda yang memudahkan kita untuk mengikat berbagai benda, misalnya kabel atau kantong plastik. Namun, setelah dikencangkan, membuka kabel ties bisa menjadi sulit dilakukan.

Membuka kabel ties bisa menjadi masalah jika Anda ingin menggunakan kembali kabel ties tersebut, atau jika Anda mengikatnya di tempat yang salah sejak awal. Namun, ada cara membuka kabel ties tanpa dipotong.

Dikutip dari Australian Handyman Magazine, Sabtu (27/5/2023), yang Anda butuhkan hanyalah pisau dengan ujung yang tajam. Alih-alih memotong kabel ties, masukkan ujung mata pisau ke kepala kabel ties.

Baca juga: Bikin Rumah Rapi, Ini 6 Ide Menyembunyikan Kabel TV yang Berantakan

Ilustrasi kabel ties.Norgallery Ilustrasi kabel ties.

Dengan ujung di tempat dan tab terlepas, tarik kabel ties untuk mengendurkannya dan akhirnya melepaskan kabel ties sepenuhnya.

Anda kemudian dapat menggunakan kembali kabel ties, yang sangat bermanfaat jika Anda menggunakan pengikat kabel yang lebih besar dan mahal.

Cara membuka kabel ties pakai jarum atau peniti

Cara lain untuk membuka kabel ties adalah dengan menggunakan benda kecil dengan ujung tajam, seperti jarum atau peniti.

Dikutip dari Insctructables, pertama, temukan pin rachet di kabel ties. Itu terletak di dalam kotak di bagian atas kabel ties.

Baca juga: Waspada, Ini 11 Tanda Tikus Menggigit Kabel Listrik

Yang perlu Anda lakukan untuk melepaskannya adalah mendorong jarum di antara pin pengunci dan ujung panjang kabel ties. Dorong cukup jauh hingga ikatan kabel ties terlepas.

Dengan jarum masih dalam mekanisme, tarik ujungnya. Ikatan kabel ties yang telah dibuka kemudian digunakan kembali akan lebih lemah dari yang baru, tetapi masih sangat sulit untuk dilepaskan dengan sendirinya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
28th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com