Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/05/2023, 20:21 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kabel ties atau kabel zip adalah benda yang memudahkan kita untuk mengikat berbagai benda, misalnya kabel atau kantong plastik. Namun, setelah dikencangkan, membuka kabel ties bisa menjadi sulit dilakukan.

Membuka kabel ties bisa menjadi masalah jika Anda ingin menggunakan kembali kabel ties tersebut, atau jika Anda mengikatnya di tempat yang salah sejak awal. Namun, ada cara membuka kabel ties tanpa dipotong.

Dikutip dari Australian Handyman Magazine, Sabtu (27/5/2023), yang Anda butuhkan hanyalah pisau dengan ujung yang tajam. Alih-alih memotong kabel ties, masukkan ujung mata pisau ke kepala kabel ties.

Baca juga: Bikin Rumah Rapi, Ini 6 Ide Menyembunyikan Kabel TV yang Berantakan

Ilustrasi kabel ties.Norgallery Ilustrasi kabel ties.

Dengan ujung di tempat dan tab terlepas, tarik kabel ties untuk mengendurkannya dan akhirnya melepaskan kabel ties sepenuhnya.

Anda kemudian dapat menggunakan kembali kabel ties, yang sangat bermanfaat jika Anda menggunakan pengikat kabel yang lebih besar dan mahal.

Cara membuka kabel ties pakai jarum atau peniti

Cara lain untuk membuka kabel ties adalah dengan menggunakan benda kecil dengan ujung tajam, seperti jarum atau peniti.

Dikutip dari Insctructables, pertama, temukan pin rachet di kabel ties. Itu terletak di dalam kotak di bagian atas kabel ties.

Baca juga: Waspada, Ini 11 Tanda Tikus Menggigit Kabel Listrik

Yang perlu Anda lakukan untuk melepaskannya adalah mendorong jarum di antara pin pengunci dan ujung panjang kabel ties. Dorong cukup jauh hingga ikatan kabel ties terlepas.

Dengan jarum masih dalam mekanisme, tarik ujungnya. Ikatan kabel ties yang telah dibuka kemudian digunakan kembali akan lebih lemah dari yang baru, tetapi masih sangat sulit untuk dilepaskan dengan sendirinya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com