Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Schneider Electric Gelar Kompetisi Solusi Sistem Ketenagalistrikan

Kompas.com - 27/05/2023, 13:30 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Schneider Electric Indonesia (SEI) menyelenggarakan kompetisi uji kompetensi pengetahuan dan keterampilan praktis antar mahasiwa Institut Teknologi PLN (ITPLN). Kompetisi ini bertema Aplikasi Solusi Schneider Electric Dalam Mendukung Upaya Keberlanjutan di Indonesia.

Terdapat 11 sektor berkebutuhan listrik yang menjadi pilihan terkait aplikasi solusi Schneider, yaitu transportasi, jaringan listrik perkotaan, Mining Minerals & Metals (MMM), minyak, gas, dan petrokimia, air bersih dan air limbah, pulp dan kertas, kimia, bangunan, layanan kesehatan/residensial, data center, consumer packaged goods (CPG).

Sebanyak 14 tim dari ITPLN mengikuti dengan antusias Schneider Sustainability Challenge 2023 yang berlangsung sejak awal bulan Mei hingga pengumuman pemenang hari ini. Sebanyak 3 tim terbaik berhasil menjadi juara pertama hingga ketiga.

Baca juga: Schneider Living Space Hadirkan Pengalaman Smart Living

Ilustrasi listrik.Shutterstock/asife Ilustrasi listrik.

Masing-masing dengan mengusung studi kasus aplikasi solusi Schneider Electric bidang EV Charging, On-Grid Solar Power System, dan Battery Energy Storage System menyisihkan tim-tim unggulan ITPLN lainnya.

“Program kolaborasi seperti Schneider Sustainability Challenge 2023 ini memberikan kesempatan bagi para mahasiswa untuk mempelajari teknologi manajemen energi dan otomasi yang menggabungkan uji kompetensi dan keterampilan praktis pada solusi Schneider Electric yang telah diterapkan pada beberapa bidang, khususnya pada jaringan ketenagalistrikan nasional," kata Roberto Rossi, Cluster President Schneider Electric Indonesia and Timor Leste dalam siaran pers, Sabtu (27/5/2023).

Rossi menyatakan, pihaknya berharap program seperti ini akan terus bertambah dan dapat berjalan secara berkelanjutan dan senantiasa mendorong pemuda Indonesia untuk terus berkontribusi dalam menciptakan SDM yang kompeten dan siap menghadapi tantangan era digital.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com