Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Warna Pagar Rumah yang Sebaiknya Dihindari, Termasuk Hitam

Kompas.com - 27/05/2023, 09:32 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber Living Etc

JAKARTA, KOMPAS.com - Warna pagar rumah sering kali tidak dipikirkan secara matang, bila dibandingkan dengan warna interior rumah. Padahal, pagar rumah adalah perpanjangan dari apa yang ada di dalam rumah kita, dan itu berarti warna yang berkarakter. 

Namun, mengetahui warna pagar rumah yang akan digunakan untuk daya tarik tepi jalan tidak sesederhana itu.

Dikutip dari Living Etc, Sabtu (27/5/2023), sebagai salah satu fitur utama rumah yang akan diperhatikan oleh orang yang lewat, memilih warna pagar rumah yang menyenangkan adalah suatu keharusan.

Baca juga: 6 Warna Cat Terbaik untuk Pagar Rumah

Ilustrasi pagar rumah berwarna abu-abu.Shutterstock/sylv1rob1 Ilustrasi pagar rumah berwarna abu-abu.

Belum lagi fakta bahwa halaman depan juga merupakan pemandangan pertama yang menyambut Anda saat Anda kembali ke rumah atau ketika ada tamu berkunjung.

Menurut ahli warna Marianne Shillingford, di halaman rumah, pagarlah yang membingkai halaman rumput, teras, dan tanaman. Jadi, memilih warna yang tepat untuk pagar rumah adalah salah satu cara paling sederhana untuk memamerkan keindahan halaman rumah.

Berikut adalah empat warna pagar rumah yang disarankan oleh para ahli untuk Anda hindari jika Anda ingin membuat kesan terbaik, di samping beberapa pilihan yang lebih bergaya.

1. Hijau tua

Hijau tua mungkin tampak seperti pilihan alami karena menyatu, sehingga mencegah pagar rumah terlihat terlalu tidak sesuai. Pagar rumah yang menyatu dengan lingkungannya mungkin bukan pilihan terbaik, baik secara praktis maupun estetis.

Baca juga: 5 Tanaman Hias yang Dapat Tumbuh di Pagar Rumah

Meskipun penting untuk mempertimbangkan keseluruhan estetika dan gaya yang ingin Anda capai, sebaiknya hindari warna yang menyatu terlalu dekat dengan elemen sekitarnya, jelas Tash Bradley, direktur desain interior di Lick.

Misalnya, jika Anda memiliki banyak tanaman hijau di halaman rumah, mengecat pagar rumah dengan warna hijau yang serupa dapat membuatnya menghilang secara visual dan kehilangan tujuan yang dimaksudkan sebagai batas atau latar belakang.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com