Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Membersihkan Noda Darah dari Pakaian dan Seprai

Kompas.com - 26/05/2023, 20:19 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Luka dan goresan kecil bisa menodai seprai dan pakaian. Hal ini akibatnya bisa meninggalkan noda darah.

Noda darah cepat mengering dan menjadi sangat sulit dihilangkan. Mengingat ini adalah noda organik, Anda harus berhati-hati dengan panas yang dapat membuat protein darah saling menempel. 

Baca juga: Tidak Sulit, Cara Menghilangkan Noda Darah yang Sudah Mengering

Dengan kata lain, Anda dapat memperburuk keadaan jika menggunakan air panas untuk membersihkan noda darah.

Penting mengatasi masalah ini dengan benar untuk mengembalikan tampilan bersih pada pakaian atau sepraia. Dengan kesabaran dan usaha cukup, Anda bisa mendapatkan hasil pembersihan yang sangat baik. 

Dikutip dari Rhythm of the Home, Jumat (26/5/2023), berikut cara membersihkan noda darah dari pakaian dan seprai. 

Tindakan darurat

Ilustrasi noda darah pada pakaian. SHUTTERSTOCK/NUTCD32 Ilustrasi noda darah pada pakaian.
Ketika tumpahan terjadi, Anda harus segera membilas area yang terkena noda dengan air dingin. Jika tidak memiliki kesempatan melakukannya, cobalah setidaknya menyerap sebagian darah dari noda menggunakan tisu.

Berhati-hatilah tidak menyebarkan noda darah lebih jauh melalui gosokan yang berlebihan. 

Baca juga: Cara Menghilangkan Noda Darah Membandel di Seprai

Membersihkan noda darah kering

Mengambil langkah membersihkan noda darah secepat mungkin sangat penting. Terkadang Anda tidak dapat bertindak cukup cepat sehingga noda darah menjadi kering.

Meski hal ini menimbulkan beberapa tantangan, ada berbagai metode yang dapat dicoba untuk membersihkan noda darah sepenuhnya dari pakaian.

Kami akan menjelaskan teknik terbaik di bagian berikut ini. Cara-cara ini hanya bekerja baik setelah noda dibersihkan dengan benar dari bagian darah yang menggumpal sehingga Anda hanya perlu menangani darah yang menempel pada kain.   

Baca juga: Cara Menghilangkan Noda Kopi pada Pakaian dengan Bahan Rumah Tangga

  • Sabun dan air

Kain linen dan katun mudah dibersihkan dengan bantuan sabun dan air. Ini adalah salah satu metode paling sederhana, tetapi membutuhkan banyak penggosokan untuk membersihkan noda darah.

Kain yang lebih halus lebih sulit ditangani dengan teknik ini karena Anda harus menggosok noda darah dengan lembut untuk waktu lama.

Tip yang baik untuk dicoba adalah mengerjakan sisi lain dari noda dengan membalik pakaian. Membilas dari belakang dapat memberikan efek pembersihan lebih baik.

Ingatlah hanya menggunakan air dingin untuk mendorong noda darah keluar dari kain dan menyabuni area yang terkena noda dengan banyak sabun. Detergen cair dapat bekerja lebih baik untuk noda darah membandel. 

Baca juga: 7 Cara Menghilangkan Noda Karat pada Wastafel Porselen

  • Hidrogen peroksida

Ilustrasi hidrogen peroksida.SHUTTERSTOCK / sulit.photos Ilustrasi hidrogen peroksida.
Hidrogen peroksida dapat menjadi cara membersihkan noda darah dari pakaian dan seprai. Antiseptik ini dapat digunakan dengan sukses sebagai bahan pembersih, tetapi tampaknya sangat cocok membersihkan nnoda darah.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com