Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Membersihkan Noda Darah dari Pakaian dan Seprai

Noda darah cepat mengering dan menjadi sangat sulit dihilangkan. Mengingat ini adalah noda organik, Anda harus berhati-hati dengan panas yang dapat membuat protein darah saling menempel. 

Dengan kata lain, Anda dapat memperburuk keadaan jika menggunakan air panas untuk membersihkan noda darah.

Penting mengatasi masalah ini dengan benar untuk mengembalikan tampilan bersih pada pakaian atau sepraia. Dengan kesabaran dan usaha cukup, Anda bisa mendapatkan hasil pembersihan yang sangat baik. 

Dikutip dari Rhythm of the Home, Jumat (26/5/2023), berikut cara membersihkan noda darah dari pakaian dan seprai. 

Berhati-hatilah tidak menyebarkan noda darah lebih jauh melalui gosokan yang berlebihan. 

Membersihkan noda darah kering

Mengambil langkah membersihkan noda darah secepat mungkin sangat penting. Terkadang Anda tidak dapat bertindak cukup cepat sehingga noda darah menjadi kering.

Meski hal ini menimbulkan beberapa tantangan, ada berbagai metode yang dapat dicoba untuk membersihkan noda darah sepenuhnya dari pakaian.

Kami akan menjelaskan teknik terbaik di bagian berikut ini. Cara-cara ini hanya bekerja baik setelah noda dibersihkan dengan benar dari bagian darah yang menggumpal sehingga Anda hanya perlu menangani darah yang menempel pada kain.   

  • Sabun dan air

Kain linen dan katun mudah dibersihkan dengan bantuan sabun dan air. Ini adalah salah satu metode paling sederhana, tetapi membutuhkan banyak penggosokan untuk membersihkan noda darah.

Kain yang lebih halus lebih sulit ditangani dengan teknik ini karena Anda harus menggosok noda darah dengan lembut untuk waktu lama.

Tip yang baik untuk dicoba adalah mengerjakan sisi lain dari noda dengan membalik pakaian. Membilas dari belakang dapat memberikan efek pembersihan lebih baik.

Ingatlah hanya menggunakan air dingin untuk mendorong noda darah keluar dari kain dan menyabuni area yang terkena noda dengan banyak sabun. Detergen cair dapat bekerja lebih baik untuk noda darah membandel. 

Meski bekerja jauh lebih baik untuk noda baru, noda darah yang sudah kering juga dapat dilepaskan dari kain.

Gunakan semprotan hidrogen peroksida untuk menutupi semua noda dari tumpahan darah. Gunakan sikat dan gosok perlahan untuk memastikan peroksida meresap lebih dalam ke dalam kain.

Langkah selanjutnya adalah menunggu sekitar 15 menit agar hidrogen peroksida dapat melawan noda. Terakhir, saatnyamembilas pakaian dengan air dingin dan memeriksa noda.

Jika noda darah masih terlihat jelas, coba ulangi proses penggosokan sebelum memasukkan pakaian ke mesin cuci. 

Namun, Anda membutuhkan banyak sinar matahari serta memakan waktu lebih lama daripada teknik lainnya.

Untuk membersihkan noda darah dengan jus lemon, pertama-tama Anda harus merendam pakaian dan seprai dalam air dingin.

Ambil kantong ziplock dan letakkan pakaian yang telah direndam di sana, setelah kelebihan air dibuang.

Masukkan 500 mililiter air perasan lemon ke kantong dengan sedikit garam. Dengan asumsi kantong telah tertutup rapat, Anda dapat mulai memijat lembut untuk memungkinkan bahan meresap ke dalam area yang terkena noda, kemudian diamkan pakaian selama 10 menit. 

Setelah mengeluarkan kain dari dalam kantong, saatnya menjemur pakaian di bawah sinar matahari. Jangan biarkan terlalu lama, cukup sampai kain mulai terasa kaku.

Langkah terakhir adalah tahap pembilasan dengan air untuk menghilangkan semua sisa-sisa air perasan lemon dan campuran garam.

Cara membersihkan noda darah dari pakaian dan seprai ini bekerja paling baik hanya untuk pakaian yang lebih kecil, tetapi Anda bisa melewatkan kantong ziplock jika perlu membersihkan pakaian yang lebih besar.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/05/26/201922576/cara-membersihkan-noda-darah-dari-pakaian-dan-seprai

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke