Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapan Harus Mengganti Talenan Plastik? Ini Tanda-tandanya

Kompas.com - 25/05/2023, 09:26 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Ada dua jenis talenan yang banyak digunakan orang di dapur mereka, yakni talenan kayu dan talenan plastik. Meskipun tidak mudah bergeser, ukurannya sempurna, dan mudah dibersihkan, talenan juga harus diganti secara berkala.

Nah, kapan harus mengganti talenan plastik yang selama ini membantu Anda di dapur? Dikutip dari The Spruce Eats, Kamis (25/5/2023), berikut penjelasannya.

Tanda-tanda talenan plastik harus diganti

Semua talenan pada akhirnya akan aus, kata Departemen Pertanian AS (USDA). Badan tersebut mengatakan jika talenan sudah sangat aus atau memiliki lekukan yang sulit dibersihkan, sebaiknya tidak digunakan lagi.

Baca juga: Simak, Cara Mudah Membersihkan Talenan Kayu

Ilustrasi talenan plastik. SHUTTERSTOCK/HANNATOR Ilustrasi talenan plastik.

Talenan plastik sangat aman selama dibersihkan dengan benar, kata Zahra Mohammad, ahli mikrobiologi dan keamanan makanan di University of Houston dan American Society for Microbiology.

Mohammad memimpin beberapa proyek penelitian tentang kemungkinan penyebaran mikroorganisme dari tangan, peralatan dapur, dan makanan ke talenan, dan sebaliknya.

Selama studi ini, ditemukan bahwa tingkat transfer salmonella, E. coli, listeria, dan staphylococcus di dapur menjadi 30 persen atau lebih.

Seiring waktu, talenan dapat menimbulkan goresan atau lekukan dan menjadi sulit dibersihkan. Pada saat itu, talenan akan menampung bakteri dan jamur, yang kemudian menyebar ke makanan Anda, tutur Mohammad.

Baca juga: Cara Membersihkan Talenan Kayu Pakai Baking Soda, Tampak Seperti Baru

Dengan demikian, imbuh Mohammad, Anda perlu mengganti talenan jika terlihat tidak mudah dibersihkan.

Sederhananya, ketika noda pada talenan plastik masih tampak gelap dan kotor, meskipun telah dicuci dengan baik, inilah saatnya untuk membeli talenan baru.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com