Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Benda di Dapur yang Sebaiknya Dibersihkan Pakai Lemon

Kompas.com - 25/05/2023, 08:43 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Membersihkan dapur dan peralatan di dalamnya harus dilakukan dengan cermat untuk mencegah kuman, menghilangkan minyak, atau menetralkan bau.

Meskipun Anda bisa menggunakan produk pembersih yang dijual di pasaran, Anda juga dapat menggunakan solusi pembersih alami untuk membersihkan dapur. Salah satunya adalah lemon.

Dikutip dari The Spruce Eats, Kamis (25/5/2023), tidak hanya baunya yang enak, tetapi berkat sifat asamnya, lemon juga efektif untuk mengatasi kekacauan yang mengganggu di sekitar dapur.

Baca juga: 5 Manfaat Lemon untuk Membersihkan Benda di Rumah

Ilustrasi membersihkan dapur. SHUTTERSTOCK/TRAVELPIXS Ilustrasi membersihkan dapur.

Anda dapat menggunakan setengah lemon asli, air perasan lemon saja, atau campuran lemon dan air hangat untuk mendapatkan hasil yang luar biasa, jauh lebih murah daripada produk pembersih yang dijual di pasaran.

Berikut adalah lima benda di dapur yang sebaiknya dibersihkan dengan lemon.

1. Microwave

Jika ada tempat yang rentan terhadap bau tidak sedap, cipratan, dan minyak, itu adalah microwave. Untungnya, noda, bau, dan tumpahan ini mudah dibersihkan dengan bantuan lemon.

Cukup peras air dari setengah buah lemon ke dalam mangkuk kecil yang bisa dipanaskan dengan microwave dan masak selama tiga menit dengan daya sedang. Tutup pintu microwave selama lima menit lagi sebelum Anda membukanya.

Baca juga: 6 Manfaat Lemon untuk Tanaman dan Cara Menggunakannya

Sekarang, Anda seharusnya dapat dengan mudah membersihkan semua kotoran yang menempel dengan kain mikrofiber. Pastikan juga untuk menangani mangkuk panas dengan hati-hati.

2. Saluran bak cuci piring

Memperhatikan bau busuk yang berasal dari saluran pembuangan bak cuci piring? Gunakan lemon untuk menghilangkan bau tidak sedap itu.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com