Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/04/2023, 10:26 WIB
Dominikus Wirawan Kuncorojati,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber Hunker

JAKARTA, KOMPAS.com - Oven merupakan salah satu alat dapur yang berguna untuk membuat berbagai hidangan.

Namun, untuk mendapat hasil maksimal, perlu menggunakan oven secara tepat dengan menghindari beberapa kesalahan yang umum dilakukan saat memakainya. 

Dengan begitu, oven bisa berfungsi optimal dan membuatnya tahan lama. Dilansir dari Hunker, Minggu (16/4/2023), berikut tujuh kesalahan menggunakan oven yang perlu dihindari.

Baca juga: Cara Membersihkan Bagian Dalam Dutch Oven yang Gosong

Tidak memanaskan dengan benar

Ilustrasi oven.UNSPLASH / JOSBRA design Ilustrasi oven.
Panaskan oven terlebih dahulu sehingga mencapai suhu yang diperlukan untuk memasak. Sebaiknya, jangan mulai memanggang terlalu cepat.

Biasakan umemanaskan oven setidaknya 10-15 menit sebelum memanggang untuk memastikan makanan matang secara merata dan menyeluruh.

Tidak membersihkan oven

Sedikit sabun cuci piring, baking soda , dan cuka akan sangat membantu saat membersihkan oven. Oleskan campuran 354 mililiter baking soda, 118 ml sabun cuci piring, dan 60 ml cuka putih ke bagian dalam oven yang kosong menggunakan kain bersih.

Diamkan semalaman dan bersihkan dengan lap basah pada pagi hari. Lakukan hal ini setidaknya sebulan sekali agar oven tetap bersih dan terawat.

Baca juga: Simak, Ini 8 Cara Alami Membersihkan Oven

Menggunakan bahan yang terlalu dingin

Bahan-bahan seperti mentega yang baru saja dikeluarkan dari kullkas dapat memperlambat dan mengganggu siklus pemanggangan Anda.

Jika resep Anda membutuhkan bahan-bahan dengan suhu ruangan, keluarkan bahan-bahan tersebut dari lemari es setidaknya setengah jam sebelum dipanggang agar bahan tersebut melunak.

Tidak mengolesi loyang

Selalu olesi loyang dengan mentega atau tepung sebelum mengisinya dengan bahan. Hal ini untuk memudahkan Anda mengeluarkan kue yang sudah matang.

Baca juga: Cara Paling Tepat Mengolesi Loyang Kue agar Tidak Lengket

Tidak menyetel pengatur waktu

Baik dengan pengatur waktu oven, pengatur waktu portabel, atau ponsel pintar, atur pengatur waktu untuk waktu memanggang segera setelah memasukkan makanan ke oven. Dengan begitu Anda dapat memastikan makanan tidak gosong atau kurang matang.

Tidak memutar loyang saat memanggang

Ilustrasi oven.UNSPLASH / Erik Mclean Ilustrasi oven.
Bagian tertentu dari oven, terutama bagian depan dan atas, dapat menjadi lebih panas daripada bagian lainnya.

Jadi, jika tidak memutar loyang setidaknya satu kali selama siklus memasak, ada kemungkinan makanan tidak terpanggang secara merata.

Baca juga: Amankah Membuka Pintu Oven untuk Mempercepat Pendinginan?

Terlalu sering membuka pintu oven

Setiap kali membuka pintu oven untuk memeriksa makanan yang dipanggang, Anda mengeluarkan udara panas dan menurunkan suhu oven.

Hal ini dapat memperlambat siklus pemanggangan. Gunakan lampu oven untuk memeriksa makanan saat dipanggang atau tunggu hingga Anda memutar loyang di tengah-tengah pemanggangan untuk membuka oven.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com