Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Tidur Lebih Nyenyak? Singkirkan 4 Benda Ini dari Meja Nakas

Kompas.com - 10/03/2023, 12:00 WIB
Dominikus Wirawan Kuncorojati,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber Livingetc

JAKARTA, KOMPAS.com - Meja samping tempat tidur atau nakas kerap digunakan untuk meletakkan lampu, jam alarm, buku, dan barang-barang lain.

Namun, jika tidak ditata dengan baik barang-barang tersebut mudah berantakan. Padahal, memiliki meja nakas yang rapi penting dilakukan karena dapat membantu menciptakan suasana kondusif untuk tidur.

Baca juga: 5 Cara Memilih Nakas dengan Ukuran yang Tepat

Selain merapikan meja nakas, sebaiknya memilih barang-barang yang memang perlu diletakkan di atasnya atau di dalam laci. Sebab, ada beberapa barang yang tidak boleh diletakkan di meja nakas karena bisa mengganggu tidur. 

Dilansir dari Livingetc, Jumat (10/3/2023), berikut empat benda yang sebaiknya disingkirkan dari meja nakas tempat tidur. 

Barang elektronik

Ilustrasi kamar tidur warna beige. SHUTTERSTOCK/GAMESPIRIT Ilustrasi kamar tidur warna beige.
Selain lampu, jam alarm digital, dan peralatan medis, sebaiknya jangan meletakkan barang elektronik di meja nakas, termasuk ponsel.

Sebaiknya, hindari penggunaan layar ponsel sebelum tidur. Cahaya biru yang dipancarkan layar dapat menghambat tidur dengan mengganggu produksi hormon melatonin dan berdampak negatif pada kesehatan mata.

Baca juga: Perhatikan, 6 Risiko dari Main Ponsel Sebelum Tidur

Kertas

Meja nakas sebaiknya bersih dari hal-hal yang berpotensi menimbulkan stres seperti dokumen pekerjaan atau tagihan guna mencegah timbulnya kekhawatiran sebelum tidur.

Pastikan menjauhkan semua dokumen dari meja kerja dan menyimpannya di tempat yang semestinya seperti ruang kerja.

Makanan

Makan di tempat tidur dapat mengotori seprai dan tempat tidur dengan mudah. Untuk mencegah godaan makan di tempat tidur, hindari menyimpan camilan atau makanan lain di meja nakas atau laci di dalamnya. 

Remah-remah dan partikel makanan mudah masuk ke celah-celah tempat tidur yang dapat mengundang hama seperti kutu busuk dan tungau debu. Hal ini juga mengharuskan Anda mencuci dan mengganti seprai lebih sering. 

Baca juga: 6 Cara Aman Basmi Kutu Busuk di Kasur

Isi saku

Meja nakas tak jarang menjadi tempat untuk meletakkan benda-benda yang biasa disimpan saku pakaian seperti kartu nama dan uang receh.

Barang-barang ini dapat menjadi menyebabkan kekacauan Lebih baik. Sebaiknya, menyimpan barang-barang tersebut di tempat lain.

Jika ingin menyimpannya di dekat Anda saat tidur, lebih baik simpan di meja rias di sisi lain ruangan. 

Baca juga: Jangan Simpan 6 Barang Ini di Kolong Tempat Tidur Menurut Feng Shui

Tips merapikan meja nakas

  • Rapikan permukaan

Ilustrasi kamar tidur Skandinavia, Ilustrasi furnitur di kamar tidur.Shutterstock/LEKSTOCK 3D Ilustrasi kamar tidur Skandinavia, Ilustrasi furnitur di kamar tidur.
Periksa meja nakas, buang sampah yang ada, dan pindahkan barang-barang yang tidak digunakan.

Menurut Ben Soreff, profesional organizer di House to Home Organizing, banyak di antara barang-barang di meja nakas merupakan barang yang tidak lagi dibutuhkan. 

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com