Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Cara Membuat Bunga Potong Tetap Segar dan Tahan Lama

Kompas.com - 10/03/2023, 09:55 WIB
Dominikus Wirawan Kuncorojati,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber Livingetc

JAKARTA, KOMPAS.com - Memajang bunga potong dalam vas dapat memberikan kesegara, mencerahkan, memberi warna pada rumah, dan mengharumkan ruangan.

Namun, bunga potong tidak bertahan lama. Namun, ada perawatan khusus yang bisa membuat bunga potong segar lebih lama. 

Dilansir dari Livingetc, Jumat (10/3/2023), berikut tiga cara membuat bunga potong stetap segar segar dan bertahan lebih lama. 

Baca juga: Air Hangat Vs Dingin, Mana yang Terbaik untuk Merendam Bunga Potong?

Potong batang

Memangkas batang bunga sebelum menatanya dapat membuat bunga potong menyerap air di dalam vas sehingga membantu bunga bertahan lebih lama. Gunakan gunting bunga yang bersih dan tajam untuk memotong.

Christina Stembel, pendiri Farmgirl Flowers, menyarankan memangkas batang bunga setidaknya sekitar 1,3 sentimater dari setiap batang.

"Usahakan membuat sudut 45 derajat karena akan memberikan lebih banyak area permukaan bagi bunga untuk minum. Hal ini juga mencegah batang bunga duduk rata dengan dasar vas, tempat bakteri berkembang biak," katanya.

Baca juga: Cara Membuat Rangkaian Bunga Potong untuk Mempercantik Rumah

Ganti air secara teratur

Ilustrasi vas bunga potong. PIXABAY/SKITTERPHOTO Ilustrasi vas bunga potong.

Untuk membuat bunga potong tetap terlihat segar, sebaiknya mengganti air vas secara teratur. Eugenie dari Hanato Floral Design mengatakan, jika airnya keruh, sudah waktunya menggantinya. Disarankan mengganti air setiap dua hari sekali.

Jessica Hall, salah satu pendiri Harmony Harvest Farm, menyarankan memeriksa batang bunga saat mengganti air dalam vas.

"Pastikan memotong apa pun yang terlihat tidak sehat dan memberinya sedikit peremajaan," ucapnya. 

Menurutnya, sangat penting membuang batang yang mulai terlihat buruk karena dapat menarik bakteri dalam air dan memperpendek umur bunga. Saat bunga mekar, atur ulang batangnya dan pindahkan ke vas yang lebih kecil. 

Baca juga: Jangan Langsung Menaruh Bunga Potong ke Dalam Vas Bunga, Ada Apa?

Jauhkan dari panas dan dingin

Christina mengatakan bunga potong tidak menyukai sinar matahari atau panas. "Faktanya, keduanya dapat memperpendek umur mereka secara dramatis di dalam vas," katanya.

Sebaiknya, tempatkan vas bunga sekitar satu meter atau lebih dari sumber panas. Sementara itu, Eugenie menyarankan menjauhkan bunga dari aliran udara dingin agar dapat bertahan lebih lama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com