Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/02/2023, 14:15 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber Angi

JAKARTA, KOMPAS.com - AC berfungsi menghilangkan kelembapan di dalam rumah serta mendinginkan dan menyejukkan ruangan sehingga memberi kenyamanan pada hari-hari panas.

Namun, dalam kondisi tertentu, AC tidak dapat mendinginkan ruangan, malah yang terjadi membuat ruangan menjadi panas. 

Baca juga: Berapa Ukuran AC yang Ideal untuk Rumah?

Rumah yang lebih panas dan Anda berkeringat ini berarti AC sedang bermasalah. Secara khusus, hal ini bisa menjadi tanda kebocoran freon atau refrigeran. 

Freon sangat penting untuk menjaga AC tetap bekerja optimal dan rumah tetap sejuk. Tanpa freon, rumah atau ruangan dapat berubah dari tempat perlindungan menjadi sauna dalam sekejap.

Freon pada unit AC standar dapat bertahan 10-20 tahun. Sistem AC Anda seharusnya tidak kehilangan lebih dari satu pon setiap beberapa tahun atau lebih. Banyak sistem yang dapat bertahan seumur hidup tanpa perlu penambahan gas.

Apabila Anda mencurigai adanya kebocoran, berikut sejumlah tanda freon AC bocor dan cara mengatasinya dilansir dari Angi, Rabu (22/2/2023). 

Baca juga: 5 Cara Memperbaiki AC agar Tetap Sejuk

Udara hangat keluar dari ventilasi 

Ilustrasi AC.Shutterstock/donikz Ilustrasi AC.
Pertama perikasa pengaturan AC. Apakah AC diatur ke mode "auto" daripada "fan". Pengaturan "fan" memungkinkan udara berembus melalui ventilasi meski AC tidak melalui siklus pendinginan.

Jika telah melakukan beberapa kali pemeriksaan dan udara tidak sedingin yang seharusnya, AC mengalami kebocoran freon dan harus mencari kontraktor HVAC profesional untuk membantu memperbaikiny. 

Baca juga: Amankah Membeli AC Secara Online?

Koil evaporator beku 

Memiliki koil evaporator yang membeku adalah tanda AC mengalami kebocoran freon. Biasanya, freon melewati koil evaporator dalam ruangan dan menghilangkan panas dari udara selama proses pendinginan. Kemudian, freaon mengembuskan udara panas tersebut di atas koil untuk mencegah pembekuan.

Untuk memeriksa pembekuan, cari koil evaporator Anda yang berada di belakang panel akses yang dapat dilepas di unit AC dalam ruangan. Pastikan AC dalam keadaan mati sebelum melepas panel.

Jika melihat ada es pada koil , minta bantuan profesional AC berlisensi. Jika masalah ini dibiarkan berlarut-larut, Anda harus mengganti koil evaporator yang harganya cukup mahal. 

Baca juga: Remote AC Hilang? Gunakan 3 Aplikasi Ini

Suara mendesis keras

Ilustrasi AC sedang diperbaiki atau mendapat perawatan.Shutterstock/BaLL LunLa Ilustrasi AC sedang diperbaiki atau mendapat perawatan.
Suara mendesis dapat menandakan berbagai masalah pada AC , tetapi biasanya merupakan tanda freon AC bocor yang disebabkan keretakan pada koil.

Periksa unit AC di dalam ruangan atau luar untuk mencari area yang bermasalah. Retakan atau lubang yang lebih besar mungkin terdengar seperti ada sesuatu yang menggelegak, yang mengindikasikan kebocoran freon dari sistem Anda. 

Baca juga: Cara Menjadikan Handphone sebagai Remote AC

Tagihan listrik lebih tinggi

Selanjutnya, tanda AC mengalami kebocoran freon adalah tagihan listrik meningkat. Apabila mengalami lonjakan tagihan listrik baru-baru ini, Anda mungkin telah mencoba mengatasi kelembapan dengan menurunkan suhu termostat.

Memerangi suhu yang lebih panas saat menghadapi kebocoran freon berarti unit AC harus bekerja dua kali lebih keras.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com