Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/02/2023, 20:02 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu situasi yang paling membuat frustasi saat hari yang panas adalah ketika AC di rumah tidak berfungsi dengan baik. 

AC menjadi peralatan yang paling diandalkan tidak hanya mendinginkan dan menyejukkan ruangan, tapi juga memberi kenyamanan ketika cuaca sedang terik-teriknya. 

Baca juga: 7 Hal yang Menyebabkan AC Tidak Bisa Dimatikan

Namun, ada beberapa hal yang dapat membuat kondisi tersebut terjadi, bahkan beberapa masalah memerlukan perbaikan unit AC. Untuknya, perbaikan AC ini mudah dilakukan 

Dikutip dari My Decorative, Senin (20/2/2023), berikut lima cara memperbaiki AC agar tetap sejuk.

Pastikan masalahnya bukan pada pengaturan

Ilustrasi AC sedang diperbaiki atau mendapat perawatan.Shutterstock/BaLL LunLa Ilustrasi AC sedang diperbaiki atau mendapat perawatan.
Masalah kecil, seperti pengaturan termostat yang salah, dapat mempengaruhi seberapa baik AC mendinginkan ruangan.

Anda dapat memeriksa pengaturan AC untuk memastikan pengaturannya sesuai dengan kebutuhan. Merupakan kesalahan umum mengubah pengaturan AC secara tidak sengaja. Hal ini dapat menyebabkan berkurangnya kinerja AC.

Model AC menawarkan berbagai pengaturan. Misalnya, termostat yang dapat diprogram dapat mengatur kecepatan dan suhu AC saat rumah sedang tidak dihuni atau melalui akses jarak jauh. 

Baca juga: Amankah Membeli AC Secara Online?

Coba perbaikan DIY

Sebelum memanggil teknisi HVAC, pertimbangkan memeriksa apakah Anda dapat melakukan perbaikan AC sendiri atau mengidentifikasi masalahnya.

Biasanya, ketika beberapa peralatan menggunakan satu pemutus, pemutus tersebut dapat trip, mematikan sistem AC. Anda dapat mematikan pemutus arus dan menyalakannya kembali untuk memperbaiki masalah tersebut. 

Penyebab lain unit AC tidak mendinginkan ruangan dengan baik adalah filter udara yang kotor atau tersumbat. Untuk mengatasinya, cukup membersihkan atau mengganti filter udara.

Masalah ventilasi udara yang tersumbat juga dapat diatasi dengan membersihkan sumbatan yang menghalangi udara mengalir dengan bebas. 

Baca juga: 5 Penyebab Suara AC Berisik dan Cara Mengatasinya

Penggantian mungkin lebih baik daripada perbaikan

Ilustrasi AC.Shutterstock/Butsaya Ilustrasi AC.
Jangan berasumsi bahwa penggantian suku cadang AC atau seluruh unit harus dihindari demi layanan perbaikan. Ada beberapa kasus penggantian lebih hemat biaya dan dapat diandalkan daripada perbaikan.

Jadi, indentifikasikan masalah yang dialami AC dan didiskusikan dengan ahli tentang piliha terbaik. 

Baca juga: Sederet Penyebab AC Mengeluarkan Bunga Es

Dapatkan layanan perbaikan dari profesional HVAC

Proyek DIY dapat menjadi solusi nyaman dan hemat biaya untuk masalah AC. Namun, untuk masalah AC yang besar, Anda harus mendapatkan bantuan profesional.

Mencoba memperbaiki masalah sendiri dapat menyebabkan masalah semakin parah. Selain itu, mencoba memperbaiki AC tanpa pengalaman atau peralatan memadai bisa berbahaya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com