Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seberapa Sering Bra Harus Dicuci? Ini Penjelasannya

Kompas.com - 08/01/2023, 20:10 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Bra bukan sekadar pakaian dalam, namun dapat dikatakan adalah pakaian yang hampir selalu dikenakan oleh perempuan. Akan tetapi, banyak di antara kita tidak terlalu memperhatikan perawatan bra

Dikutip dari Better Homes & Gardens Australia, Minggu (8/1/2023), Jené Luciani, penulis The Bra Book, mengatakan kepada Apartment Therapy bahwa bertentangan dengan kepercayaan umum, bra harus dicuci setelah digunakan.

Menurut Luciani, Anda harus mencuci bra setelah setiap pemakaian, yang tidak disadari oleh banyak perempuan. 

Baca juga: Simak, Ini 4 Cara Merapikan Lemari Pakaian

 

Ilustrasi mencuci bra dengan tangan. Bra sebaiknya tidak dicuci dengan mesin cuci untuk menghindari kerusakan. SHUTTERSTOCK/FOTODUETS Ilustrasi mencuci bra dengan tangan. Bra sebaiknya tidak dicuci dengan mesin cuci untuk menghindari kerusakan.
Luciani mengatakan bahwa ini bukan hanya tentang kebersihan, scrub biasa membantu menjaga bra berfungsi sebagaimana mestinya.

Bra mengumpulkan banyak sekali keringat, kotoran, dan elemen dari udara, yang sebenarnya dapat mengurangi masa pakai bra dengan memengaruhi elastisitas dan bahan lainnya, terangnya. 

Menurut sebuah penelitian baru-baru ini, hanya 4,5 persen perempuan yang benar-benar merawat dan mencuci bra dengan benar.

Faktanya, survei yang dilakukan terhadap 1.500 orang menemukan bahwa mayoritas perempuan Eropa mencuci bra setiap dua hingga empat hari (31,7 persen) diikuti setiap satu hingga dua minggu (21,3 persen).

Baca juga: Cara Membersihkan Pakaian Berjamur Berdasarkan Jenis Kainnya

Namun, sebelum mencuci bra setiap kali pemakaian, perlu diperhatikan bahwa tidak semua pakar setuju tentang praktik ini. 

Mencuci bra secara berlebihan dapat merusak elastisitas, yang penting untuk memberikan dukungan yang tepat, jelas Lexie Sachs, analis produk di Lab Tekstil Good Housekeeping Institute.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com