Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/12/2022, 13:15 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber Healthline

JAKARTA, KOMPAS.com - Jamur biasanya dimasak atau dikonsumsi saat masih segar untuk memaksimalkan tekstur dan rasanya. Namun demikian, terkadang rasanya tak mungkin memasak semua jamur yang Anda beli saat itu juga.

Untuk menyimpan jamur lebih lama, Anda bisa membekukannya. Akan tetapi, penting untuk memahami bagaimana membekukan jamur dapat memengaruhi kualitasnya.

Efek menyimpan jamur di freezer

Dikutip dari Healthline, Rabu (21/12/2022), sebagian besar jamur segar bertahan sekitar satu minggu di kulkas sebelum mulai menunjukkan tanda-tanda mendekati tanggal kedaluwarsa, seperti menjadi lunak, cokelat, atau bahkan berlendir.

Baca juga: Cara Menyimpan Jamur di Kulkas agar Tetap Segar dan Tidak Berlendir

Ilustrasi jamur shiitake. SHUTTERSTOCK/ALEXANDER PROKOPENKO Ilustrasi jamur shiitake.

Meskipun Anda dapat menyimpan jamur di freezer, perlu diingat bahwa hal ini dapat berdampak negatif pada kualitasnya. Seiring waktu, produk beku cenderung kehilangan sebagian nilai gizinya.

Jamur adalah sumber nutrisi yang baik seperti vitamin B, tembaga, kalium, dan vitamin D (1, 2, 3, 4).

Meskipun menyimpan jamur di freezer tidak memengaruhi kandungan kalori, serat, atau mineral makanan, pembekuan dapat mengurangi kandungan vitamin yang larut dalam air seperti riboflavin, niasin, dan folat. Perlu diingat bahwa produk segar juga kehilangan nutrisi seiring waktu.

Tekstur juga bisa terpengaruh. Meskipun Anda bisa membekukan jamur mentah, karena kandungan airnya yang tinggi, jamur bisa menjadi lembek saat dicairkan.

Baca juga: Simak, Cara Budidaya Jamur Tiram untuk Pemula

Cara menyimpan jamur di freezer

Sebelum menyimpan jamur di freezer, bersihkan kotoran yang terlihat. Banyak orang tergoda untuk mencuci jamur sebelum membekukannya, tetapi hal ini cenderung membuatnya lebih lembek saat dimasak.

Jika Anda memilih untuk membekukan jamur mentah, potong batangnya dan masukkan ke dalam kantong plastik yang aman untuk freezer. Peras udara sebanyak mungkin sebelum menyegel kantong dan memasukkannya ke dalam freezer.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com