Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Tanda Listrik di Rumah Bermasalah, Bisa Berisiko Kebakaran

Kompas.com - 21/12/2022, 12:00 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber Ahs

JAKARTA, KOMPAS.com - Kehadiran listrik di rumah lebih dari sekadar kenyamanan. Listrik telah menjadi kebutuhan krusial yang membuat hidup lebih mudah. 

Listrik dengan setia melayani semua yang dibutuhkan manusia, dari menerangi rumah, menjaga rumah tetap dingin atau hangat, hingga memberi daya pada semua peralatan elektronik yang digunakan sehari-hari. 

Baca juga: 8 Peralatan Elektronik Rumah Tangga yang Menghabiskan Banyak Listrik

Namun, listrik juga menjadi sesuatu yang kerap dianggap remeh sebagian orang, terlebih bila mengalami masalah. Padahal, listrik dapat menjadi sumber kehancuran potensial seperti menyebabkan kebakaran. 

Menurut Electricity Safety Foundation International, malfungsi listrik menyebabkan lebih dari 50 ribu kebakaran rumah yang sebagian besar sebetulnya dapat dicegah setiap tahun. 

Banyak bahaya kebakaran listrik yang tersembunyi di dalam dinding rumah Anda. Namun, jika mengenali tanda-tanda peringatan, hal ini dapat diperbaiki dan dicegah, yang akhirnya membantu melindungi rumah dalam jangka panjang.

Dilansir dari AHS, Rabu (21/12/2022), berikut tujuh tanda listrik bermasalah

Baca juga: Simak, 3 Cara Membuat Tagihan Listrik Tidak Membengkak 

Bau gosong 

Ilustrasi stopkontak dinding, ilustrasi soket listrik, ilustrasi colokan.SHUTTERSTOCK / Jason Kolenda Ilustrasi stopkontak dinding, ilustrasi soket listrik, ilustrasi colokan.
Peralatan listrik yang baru mungkin mengeluarkan bau tidak biasa saat pertama kali dipasang. Hal ini dapat terjadi karena cat alat, lapisan akhir, atau masalah permukaan lainnya.

Namun, apabila, mendeteksi bau aneh atau gosong dari stopkontak listrik, cabut semua peralatan elektornik yang terhubung dan jangan gunakan lagi sampai teknisi listrik berkualifikasi  memeriksanya.

Selain itu, jika panel pemutus atau kotak sekring mengeluarkan bau aneh, segera hubungi teknisi listrik.

Outlet dan sakelar hangat 

Selanjutnya, tanda listrik bermasalah adalah outlet atau sakelar terasa hangat saat disentuh. Bila menemukan masalah ini, segera hubungi ahli listrik profesional untuk mengetahui apakah kabel perlu diperbaiki atau perlengkapannya harus diganti. 

Baca juga: 6 Cara Membuat Kulkas Lebih Efektif dan Hemat Listrik

 

Suara berdengung 

Outlet dan sakelar harus beroperasi tanpa mengeluarkan suara apa pun. Jika mendengar suara mendengung, berderak, atau mendesis saat membalik sakelar atau colokan ke stopkontak, segera matikan daya perlengkapan tersebut serta hubungi ahli listrik profesional untuk memperbaikinya.

Lampu berkedip-kedip

Ilustrasi lampu LED. SHUTTERSTOCK/DKAI Ilustrasi lampu LED.
Lampu berkedip-kedip menjadi tanda listrik bermasalah yang paling jelas. Lampu berkedip biasanya menunjukkan lonjakan listrik.

Lonjakan daya ini tidak harus berasal dari peristiwa bencana—kemungkinan besar, peralatan Anda menuntut sistem kelistrikan yang tidak dapat ditanganinya.

Lonjakan ini dapat merusak peralatan elektronik dan perlengkapan listrik. Jika lampu berkedip-kedip sering terjadi, sudah waktunya mempertimbangkan untuk meningkatkan kabel di rumah Anda. 

Baca juga: 5 Cara Menghemat Listrik Saat Menggunakan Mesin Cuci 

Sakelar lampu rusak dan outlet longgar

Jika sakelar atau stopkontak berhenti bekerja atau hanya bekerja sebentar-sebentar, itu bisa menjadi tanda kabel yang longgar dan potensi bahaya kebakaran lainnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com