Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Ras Anjing yang Cocok untuk Lansia dan Pensiunan

Kompas.com - 19/12/2022, 17:12 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber Daily Paws

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagi mereka yang lanjut usia (lansia), memelihara hewan peliharaan, seperti anjing, memiliki banyak manfaat seperti mengurangi rasa kesepian dan bosan serta meningkatkan kesehatan. 

Kehadiran anjing juga dapat menghibur para lansia dan membuatnya memiliki kesibukan sehingga tetap terus bergerak serta mengurangi risiko demensia atau kepikunan. 

Baca juga: 7 Ras Anjing Asal Turki yang Kuat dan Setia pada Pemiliknya

Jim Dobies, dokter hewan dari UrgentVet.com, kepemilikan anjing pada orang tua menjadi hal penting karena 40 persen orang berusia 65 tahun atau lebih mengalami isolasi secara teratur.

Sebagian besar anjing memerlukan beberapa latihan atau olahraga sehingga ini bisa menjadi kesempatan bagus untuk lansia keluar rumah, yang mungkin lebih sulit dilakukan setelah pensiun.

Namun, memilih ras anjing yang tepat untuk lansia tidak boleh dilakukan sembarangan. Mengingat, seiring waktu, sistem imunitas lansia sudah menurun sehingga perlu berhati-hati memilih ras anjing. 

Berikut beberapa ras anjing yang cocok untuk lansia dilansir dari Daily Paws, Senin (19/12/2022). 

Baca juga: 7 Jenis Ras Anjing di Dunia, dari Sporting hingga Terrier

French bulldog

French BulldogAlexandru Sofronie French Bulldog
French bulldog adalah ras anjing kecil dengan berat 7,2-12 kilogram. Meski berwajah seram, Bulldog adalah anjing yang lembut dan penyayang.

Bulldog tidak suka beramain. Sebaliknya, anjing ini suka makan dan meringkuk sehingga rentan mengalami obesitas yang dapat mempengaruhi kesehatannya secara keseluruhan.

French bulldog juga sangat membutuhkan perhatian sehingga cocok menjadi anjing pendamping untuk lansia.  

Shih tzu

Shih tzu menyukai perhatian dan sering ditemukan duduk di pangkuan terdekat. Ditambah, Shih tzu benar-benar cantik dengan bulu yang lembut dan panjang yang sering menyapu lantai.

Anjing Shih tzu sangat cocok untuk para lansia atau pensiunan yang memiliki waktu, tenaga, dan sumber daya yang dibutuhkan untuk sering bepergian ke salon anjing. Namun, Anda bisa melakukan perawatan di rumah bila memiliki waktu serta ingin repot. 

Baca juga: 7 Fakta Menarik Anjing Akita Inu, Setia dan Berpengaruh Kuat di Jepang 

Bichon frise

Ilustrasi anjing Bichon frise.Shutterstock/Eudyptula Ilustrasi anjing Bichon frise.
Bichon frise memiliki kepribadian konyol yang sempurna untuk siapa saja yang mencari teman menghibur serta suka duduk nyaman di sofa untuk menonton film bersama Anda. 

Bichon frise juga dikenal lembut, menyenangkan, dan penyayang dengan keluarga manusiannya. Tak heran, membuat Bichon frise menjadi ras anjing yang cocok untuk lansia maupun anak-anak.

Cavalier King Charles Spaniel

Cavalier King Charles Spaniel dibiakkan untuk menjadi anjing peliharaan serta mencintai pemiliknya. 

Salah satu kepribadian terbaik anjing Cavalier King Charles Spaniel adalah cenderung menyukai semua orang, bahkan orang asing. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com