Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Ras Anjing dari Spanyol, Kuat dan Pintar Berburu

Kompas.com - 19/11/2022, 22:46 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Spanyol merupakan salah satu negara yang menjadi rumah asal bagi beberapa ras anjing. Spanish Royal Canine Society menyatakan hanya ada sekitar dua lusin ras anjing asli negara itu.

Akan tetapi, hanya setengahnya yang diakui oleh klub kennel internasional mana pun. Banyak dari ras anjing ini sangat langka, bahkan di negara asalnya Spanyol.

Dilansir The Spruce Pets, Sabtu (19/11/2022), ras anjing asal Spanyol adalah pelindung ternak, penggembala, dan pemburu. Dalam masa perang, Spanyol menggunakan anjing kelaparan dalam pertempuran untuk bertarung dengan rakus dan ganas.

Baca juga: Jangan Memberikan Anjing Tulang yang Dimasak, Ini Bahayanya

Ilustrasi ras anjing Catalan Sheepdog. SHUTTERSTOCK/ANNA ZWAGERS Ilustrasi ras anjing Catalan Sheepdog.

Terlepas dari sejarah yang mengerikan itu, saat ini sebagian besar anjing menjadi sahabat keluarga dan anjing pekerja yang sangat baik.

Banyak dari anjing asal Spanyol memiliki dorongan kerja atau berburu yang kuat. Anjing-anjing ini biasanya membutuhkan stimulasi mental, banyak olahraga, dan pelatihan penguatan positif yang berorientasi pada tujuan.

Berikut adalah beberapa ras anjing Spanyol yang diakui oleh Spanish Royal Canine Society.

1. Catalan Sheepdog

Ini adalah ras anjing kuno yang telah digunakan untuk menggembalakan dan melindungi ternak di timur laut Spanyol. Jarang di luar negara asalnya, mereka lebih umum di negara-negara Eropa.

Baca juga: Bisakah Anjing Membedakan Dirinya dengan Kucing?

Bulu panjang mereka yang khas membuat mereka tetap hangat saat bekerja di pegunungan Pyrenean yang bergunung-gunung dan seringkali dingin. Catalan Sheepdog adalah ras yang cerdas, bersemangat, dan pekerja keras.

Anjing paling cocok untuk keluarga aktif yang suka menghabiskan waktu di luar ruangan. Mereka cerdas dan mudah dilatih, tetapi membutuhkan latihan fisik dan mental untuk mencegah masalah perilaku.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com