Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Pemilik Anak Anjing

Kompas.com - 10/12/2022, 12:35 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber akc.org

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagi mereka yang baru pertama kali memelihara anjing, khususnya anak anjing, tentu merasa khawatir lantaran belum memiliki banyak pengetahuan tentang cara merawat.

Pemilik anak anjing baru banyak mendengar nasihat perawatan dari keluarga mereka, tetangga, dan sahabat lainnya yang telah memelihara anjing lebih dulu. 

Baca juga: 8 Cara Membuat Rumah yang Aman untuk Anak Anjing Baru

Namun, beberapa nasihat itu ada yang tepat dan keliru. Karena minggu-minggu awal dengan anak anjing baru sangat penting, penting untuk memfilter saran dan melakukan yang terbaik untuk sahabat bulu. 

Akan tetapi, ada beberapa hal yang tidak boleh dilakukan pemilik anak anjing karena bisa berdampak buruk pada perilakunya. 

Dikutip dari AKC, Sabtu (10/12/2022), berikut lima hal yang tidak boleh dilakukan pemilik anak anjing. 

Baca juga: Ketahui, Jumlah Air yang Harus Dikonsumsi Anak Anjing 

 

Jangan lewati sosialisasi

Ilustrasi anak anjing.PIXABAY/3194556 Ilustrasi anak anjing.
Tiga bulan pertama kehidupan anak anjing memiliki pengaruh signifikan terhadap seberapa puas dan penyesuaian diri anjing tersebut saat dewasa.

Anak anjing yang disosialisasikan dengan baik akan merasa nyaman dengan hampir semua hal yang dilemparkan dunia kepada mereka, sedangkan anak anjing yang kurang bersosialisasi akan kurang percaya diri dan mudah kewalahan atau ketakutan.

Peternak yang baik akan mulai mensosialisasikan anak anjing, tetapi begitu membawa pulang hewan peliharaan baru Anda, tanggung jawab itu menjadi milik Anda.

Sosialisasi anak anjing tidak hanya merujuk pada bertemu orang dan anjing baru meski itu sangat penting, tapi juga memperkenalkan anak anjing ke pengalaman baru sebanyak mungkin dengan cara positif.

Itu bisa termasuk permukaan baru seperti lantai ubin di dapur, suara baru seperti penyedot debu, atau hewan lain seperti kucing atau hamster.

Jangan paksa anak anjing ke dalam situasi yang menurutnya menakutkan. Satu pengalaman buruk dapat membatalkan semua kerja keras Anda. 

Baca juga: 6 Kesalahan Pemilik yang Menyebab Anjing Depresi 

Jangan memberi terlalu banyak dan cepat kebebasan 

Ilustrasi anak anjing.Shutterstock/demanescale Ilustrasi anak anjing.
Selanjutnya, hal yang tidak boleh dilakukan pemilik anak anjing adalah memberi terlalu banyak dan cepat kebebasan. Membiarkan anak anjing berkeliaran bebas di sekitar rumah memiliki konsekuensi serius. Anak anjing tidak hanya dapat mengalami kecelakaan, tapi juga menghancurkan rumah dan melukai dirinya sendiri. 

Karena itu, jangan memberi terlalu banyak kebebasan terlalu cepat untuk anak anjing. Selain itu, jauhkan obat dan racun dari jangkauan dan tutupi kabel listrik untuk keselamatan anak anjing.

Awasi juga anak anjing setiap saat. Bila membiarkan anak anjing sendirian, ini akan mengembangkan kebiasaan buruk seperti mengunyah kaus kaki atau alas tiang.

Lebih mudah dan aman untuk mencegah perilaku bermasalah daripada memperbaikinya nanti. 

Baca juga: 5 Cara Memperkenalkan Anjing Peliharaan ke Rumah Baru

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com