Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menghilangkan Bau Amis Ikan pada Tangan dan Perlengkapan Masak

Kompas.com - 24/11/2022, 15:34 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ikan menjadi salah satu bahan makanan tinggi protein yang banyak dikonsumsi dan diolah menjadi berbagai masakan. 

Namun, saat mengolah ikan, sering kali meninggalkan bau amis yang cukup mengganggu, baik pada tangan maupun perlengkapan memasak.

Untungnya, masalah ini dapat diatasi dengan mudah. Dilansir dari Good Housekeeping, Kamis (24/11/2022), berikut cara menghilangkan bau amis ikan

Baca juga: Simak, Cara Mencairkan Ikan Beku dari Freezer dengan Benar 

Menghilangkan bau amis ikan pada tangan

  • Pasta gigi 

Ada banyak cara memilih ikan segar di pasar. Salah satunya dengan melihat mata ikan. SHUTTERSTOCK /Atsushi Hirao Ada banyak cara memilih ikan segar di pasar. Salah satunya dengan melihat mata ikan.
Menggunakan pasta gigi merupakan trik andalan yang dilakukan pemilik restoran dan spesialis makanan laut untuk menghilangkan bau amis ikan yang menempel pada tangan.

Ambil sedikit pasta gigi ke telapak tangan setelah memasak, lalu gosok bagian depan dan belakang tangan sebelum membilasnya dengan air hangat.  

Baca juga: Catat, Ini Durasi Menyimpan Ikan di Kulkas 

  • Air dingin 

CJ Jackson, CEO Billingsgate Seafood Training School, mengatakan air dingin dan sabun dapat menghilangkan sisa-sisa bau amis ikan atau sisik dari tangan.  

  • Gosokan ke wastafel stainless steel

Sebagai alternatif, gosokkan kedua tangan selama lima detik pada wastafel stainless steel, lalu cuci dengan air hangat dan sabun untuk menghilangkan bau amis. 

Baca juga: Cara Menghilangkan Bau Amis Ikan dari Kulkas dan Freezer 

Cara menghilangkan bau amis ikan dari talenan dan peralatan

Langkah pertama menghilangkan bau amis ikan dari talenan dan peralatan makan atau masak adalah menyiramnya dengan air dingin, kemudian siram dengan air panas, dan oleskan sabun ke talenan.

Anda tidak perlu menggunakan lemon untuk memberihkan dan menghilangkan bau amis ikan pada peralatan. 

Baca juga: Simak, Ini Cara Membekukan Ikan Segar

Cara mengurangi bau amis saat memasak

Ketika memasak ikan, bau amisnya akan menyebar ke seluruh ruang dapur. Cuka dapat menghilangkan bau amis ikan ini.

Caranya, tinggalkan semangkuk kecil cuka putih di sebelah kompor untuk menyerap bau serta membuat ruangan bersih dan segar. Tidak perlu khawatir dengan aroma cuka karena ini akan berkurang saat mengering.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com