Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Cara Mendekorasi Ruangan dengan Aturan Sepertiga

Kompas.com - 24/11/2022, 12:25 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat mendesain rumah, ada beberapa tips desain interior yang terlintas untuk diterapkan, di antaranya melapisi karpet untuk dimensi, membuat garis yang indah, dan memastikan palet warna yang sempurna.

Sayangnya, meski melakukan semuanya, terkadang masih belum puas dengan dekorasi tersebut, bahkan merasa ada sesuatu yang salah, tetapi sulit memastikannya. 

Baca juga: 6 Kesalahan Mendesain Rumah Bergaya Interior Coastal

Lantas, apa yang membuat begitu sulit menciptakan sesuatu yang indah?

Menurut beberapa desainer, hal ini mungkin disebabkan melewatkan beberapa tips. Sebagai solusi, Anda bisa menerapkan aturan sepertiga saat mendekorasi ruangan

Aturan sepertiga adalah mengelompokkan beberapa benda menjadi tiga bagian, dari furnitur hingga skema warna. Aturan ini dapat diterapkan untuk semua ruangan maupun benda apa pun. 

Nah, dilansir dari Amodrn, Kamis (24/11/2022), berikut mendekorasi ruangan dengan aturan sepertiga.  

Baca juga: 5 Cara Mendekorasi Kamar Tidur yang Nyaman dan Tenang

Kelompokan benda menjadi tiga

Ilustrasi ruang tamu. Unsplash/Point3D Commercial Imaging Ltd. Ilustrasi ruang tamu.
Aturan sepertiga secara harfiah berarti mengelompokkan benda menjadi tiga sehingga terlihat lebih seimbang. Anda bisa menumpuk buku sebanyak tiga buah, memiliki tiga lilin di meja kopi, atau mempunyai tiga vas.

Namun, jika tidak ingin meletakkannya dalam jumlah tiga buah, Anda dapat menambahkan lebih banyak, tapi tetap berpegang pada aturan angka yang ganjil. 

Cara terbaik melakukan ini adalah memulai dengan pencahayaan. Misalnya, miliki tiga lampu di bar atau konter serta tiga lilin di atas meja kopi.

Simetri dan keseimbangan ini dipromosikan melalui aturan sepertiga. Ini pada dasarnya membawa mata ke atas serta menambahkan titik fokus untuk menyatukan setiap ruangan. 

Baca juga: 9 Cara Mendekorasi Ruang Kecil agar Tampak Luas  

Aplikasikan aturan sepertiga ke beberapa elemen dekorasi

Aturan sepertiga juga berlaku untuk desain yang lebih besar seperti ruang tamu. Dalam hal ini, Anda harus mengubah tampilan ruangan menjadi tiga bagian sehingga ada dua garis horizontal dan dua garis vertikal yang saling membedah untuk membuat bingkai.

Menurut Better Homes and Gardens, harus ada tiga area berbeda yang dapat dipetakan dengan mata. Lebih dari itu, Anda akan memiliki ruangan yang penuh kekacauan dan tidak menarik secara visual.

Selain itu, warna dan tekstur pada ruangan juga perlu dipikirkan saat mendesain ruangan dengan aturan sepertiga. 

Baca juga: Tak Selalu Cat, Ini 4 Ide Mendekorasi Dinding agar Tampak Bergaya 

Tentukan dengan jelas sepertiga dekorasi dengan elemen desain 

Ilustrasi ruang tamu, karpet ruang tamu.UNSPLASH/SPACEJOY Ilustrasi ruang tamu, karpet ruang tamu.
Menurut Better Homes and Gardens, backsplash dapat digunakan sebagai bagian dari aturan sepertiga ini. Pakar desain merekomendasikan memperhatikan bahan finishing seperti ubin backsplash untuk mengatur dinding secara visual.

Pilih semburat warna tambahan dengan perlengkapan gantung. Perhatikan perlengkapan lampu yang tergantung benar-benar menarik mata.

Anda dapat melakukan ini menggunakan banyak elemen desain seperti pencahayaan di dapur atau kamar mandi.  

Baca juga: 4 Cara Mendekorasi Rumah Kecil agar Tampak Luas dan Lapang 

Menggunakan barang yang memiliki ukuran berbeda

Satu hal penting yang perlu diingat adalah memastikan semua barang tidak berukuran sama. Memiliki variasi bentuk, ukuran, serta warna dapat membuat desain yang menarik di suatu ruang.

Kelompokkan kursi agar membuat tampilan yang seragam dan serempak. Hal terbaik tentang gaya ini adalah dapat memindahkan apa pun sesuai keinginan, memindahkan furnitur dan dekorasi kapan pun Anda mau, serta membeli dan mengganti barang yang ingin dibeli atau ingin ganti pada masa mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com