Kompas.com - 29/09/2022, 20:17 WIB

JAKARTA, KOMPAS.comDinding berjamur dapat membuat ruangan terlihat kotor dan tidak terawat karena permukaannya bernoda hitam atau kecoklatan.

Selain itu, dinding berjamur juga berdampak buruk pada kesehatan penghuni rumah, terlebih mereka yang alergi. 

Bagi beberapa orang, cara mengatasi jamur pada dinding rumah adalah mengecatnya alih-alih membersihkannya. Namun, apakah metode ini tepat untuk dilakukan?

Baca juga: Perhatikan, Ini 4 Tips Mengecat Dinding Saat Musim Hujan

Mengecat dinding berjamur

Ilustrasi mengecat dinding. FREEPIK/FREEPIK Ilustrasi mengecat dinding.

Dilansir dari CertaPro Painters, Kamis (29/9/2022), mengecat dinding berjamur tidak akan membunuh jamur meski ada produk cat yang mengklaim bahwa bisa membunuh jamur.

Karena itu, jamur perlu dibasmi terlebih dulu sebelum mengecat dinding karena spora ini tetap dapat tumbuh di bawah lapisan cat baru dan membahayakan penghuni rumah.

Setelah itu, gunakan cat tahan jamur untuk mencegah jamur secara proaktif, bukan membunuh jamur secara reaktif, terutama jamur yang sudah ada pada dinding.

Baca juga: Stop Mengecat Plafon Rumah yang Berjamur, Ini Bahayanya

Seperti dikutip Bob Vila, mengecat dinding yang terdapat jamur tidak akan menghancurkan atau mencegahnya tumbuh meski tampak seperti solusi mudah.

Pemilik CetraPro di area South Shore, Amerika Serikat (AS), Paige NeJame, mengatakan jamur akan terus tumbuh di bawah lapisan cat baru dan menyebabkan cat mengelupas atau menggelembung.

“Banyak orang mencoba melakukan ini, terutama jika mereka tidak akan tinggal di rumah, misalnya menjual rumah dan mencoba menutupi jamur. Dalam waktu singkat, jamur bisa muncul kembali,” ujarnya. 

Baca juga: Penyebab dan Cara Mengatasi Cat Menggelembung di Kamar Mandi

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Sumber Bob Vila


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.