Kompas.com - 29/09/2022, 16:45 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Wok pan atau wajan adalah salah satu perlengkapan memasak yang diperlukan di dapur.

Namun, berbeda dengan wajan lainnya, wok pan memiliki ukuran lebih besar dan bobot lebih berat. Ukuran yang besar tersebut dapat memudahkan memasak dan menyajikan hidangan dalam jumlah banyak.

Baca juga: Perbedaan Wok Pan dan Fry Pan, Jangan Sampai Salah

Ada dua jenis material wok pan yang populer, yakni baja karbon dan besi tuang. Meski masing-masing membutuhkan teknik memasak berbeda, kedua jenis wok pan tersebut perlu dibersihkan dan dirawat dengan cara sama.

Untuk menjaganya tetap awet, berikut cara membersihkan wok pan yang tepat dilansir dari Taste of Home, Kamis (29/9/2022).  

Baca juga: 4 Tanda Wajan Antilengket Sudah Rusak dan Harus Segera Menggantinya

Cara membersihkan wok pan

Ilustrasi wok pan, Ilustrasi wajan.PIXABAY/kalhh Ilustrasi wok pan, Ilustrasi wajan.
Hal pertama yang pertama yang harus diingat ketika membersihkan wok pan adalah hindari menggunakan pembersih keras atau penggosok logam abrasif yang biasa digunakan untuk membersihkan wajan. 

Sebagai gantinya, gosok perlahan bagian dalam wajan wok pan dengan air panas menggunakan spons dapur biasa atau sikat wajan. 

Setelah itu, keringkan wajan dengan handuk sebelum meletakkannya di atas kompor dengan api kecil sampai tidak ada lagi tetesan air yang terlihat.

Pastikan wok pan benar-benar kering sebelum menyimpannya untuk mencegah wajan berkarat.

Baca juga: 6 Hal yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Membeli Wajan Antilengket

Cara menghilangkan karat dan gosong pada wok pan

Jika wok pan memiliki karat atau makanan yang terbakar alias gosong, rendam dalam air hangat sekitar lima menit untuk melonggarkan partikel.

Selanjutnya, bersihkan wok pan seperti biasa dengan spons lembut atau bantalan pembersih.  Anda dapat menggunakan wol baja untuk membersihkan karat atau noda makanan yang sulit dihilangkan.

Namun, menggosok dengan spons abrasif kemungkinan akan menghilangkan beberapa patina atau lapisan wajan dalam prosesnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.