Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penyebab dan Cara Mengatasi Cat Menggelembung di Kamar Mandi

Kompas.com - 28/09/2022, 13:21 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kamar mandi adalah area rumah yang sangat rentan terhadap masalah cat dinding menggelembung.

Jika Anda perhatikan, akan ada beberapa area permukaan di dalam kamar mandi yang mengalami cat yang menggelembung, yakni di plafon dan dinding. Lantas, apa penyebabnya?

Dilansir Home Guides SF Gates, Rabu (28/9/2022) gelembung dan pengelupasan pada permukaan yang dicat berarti bahwa cat tidak menempel dengan benar ke permukaan di bawahnya. Ini biasanya sebagai akibat dari kerusakan panas atau kelembapan, persiapan permukaan yang tidak memadai sebelum pengecatan, atau kombinasi keduanya.

Baca juga: 3 Warna Cat Terbaik untuk Kamar Tidur Ramah Anak

Ilustrasi mengecat dinding dengan warna hijau. PEXELS/KSENIYA CHERNAYA Ilustrasi mengecat dinding dengan warna hijau.

Menurut Home Depot, dua penyebab cat dinding menggelembung adalah mengecat pada permukaan yang kotor atau mengecat pada permukaan yang belum diberi cat yang cukup sebelum mengecat.

Kelembapan kemudian bisa masuk di antara dinding dan cat, melonggarkan kemampuan cat untuk menempel pada permukaan dan menciptakan gelembung yang Anda lihat di langit-langit dan dinding kamar mandi

Seperti banyak masalah perbaikan rumah, ada cara mengatasinya, yakni dengan mempersiapkan permukaan yang baik dan memberikan ventilasi yang memadai di dalam ruangan. 

Cara mencegah cat dinding menggelembung

Langit-langit dan dinding kamar mandi ada yang berbahan drywall. Idealnya drywall tahan lembap dan jamur yang akan tahan terhadap kelembapan ruangan selama mandi.

 

Baca juga: Cara Mengatasi Cat Tembok Menggelembung dan Mengelupas

Sebelum mengecat drywall kamar mandi, penting untuk membersihkan permukaan secara menyeluruh dan pastikan kering dan dingin sebelum mengoleskan cat.

Drywall dan dinding kayu bisa sangat keropos, yang berarti kemungkinan besar akan menyerap volume cat yang lebih tinggi tanpa primer. Mulailah dengan melapisi dinding dan langit-langit, lalu aplikasikan cat.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com