Kompas.com - 29/09/2022, 15:34 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Ruang tamu dengn konsep terbuka menjadi desain yang saat ini banyak digunakan orang, terlebih rumah dengan area terbatas. 

Selain itu, desain terbuka dikagumi karena mempunyai estetika kontemporer serta membuat ruangan terlihat lebih cerah dan besar. 

Baca juga: 5 Tips Memilih Ubin Lantai Ruang Tamu

Rozit Arditi, Pemimpin di Arditi Design mengatakan saat mendesain ruang tamu berkonsp terbuka, cara terbaik adalah memecah ruang dengan karpet.

"Ini menciptakan definisi untuk setiap bagian dan memberikan perasaan tetap berada di ruangan yang sama meski terpisah," ucapnya dilansir dari Homes and Gardens, Kamis (29/9/2022)

Elizabeth Sesser, Direktur Studio di Ike Kligerman Barkley, menambahkan, ketika mendesain ruang tamu dengan denah terbuka, Anda dapat menggunakan furnitur dan karpet area untuk membuat ruang terpisah di dalamnya. 

Baca juga: 10 Cara Cerdas Menata dan Mendekorasi Ruang Tamu

Ilustrasi ruang keluarga bernuasa putih, ilustrasi ruang tamu terbuka.SHUTTERSTOCK/2M media Ilustrasi ruang keluarga bernuasa putih, ilustrasi ruang tamu terbuka.
Karpet adalah tempat bagus untuk memulai karena menetapkan batas untuk area tertentu. Solusi ini menawarkan kesan ruangan terpisah. Misalnya, memberikan batas antara dapur dan ruang tamu atau memisahkan diri dari ruang kerja.

Sementara itu, Michael Cox, Kepala di Foley & Cox, merekomendasikan penggunaan dua karpet (satu padat dan satu bergaris atau berpola) untuk menentukan zona dalam denah terbuka secara langsung.  

Selain penggunaan karpet, para desainer merekomendasikan menggunakan furnitur besar untuk menjadi pembatas atau penghalang alami di ruang tamu terbuka.

Baca juga: 8 Ide Dekorasi Ruang Tamu Warna Beige, Cocok untuk Berbagai Gaya 

Ini dapat berupa rak buku dua sisi atau pembatas ruangan berornamen yang dapat mengubah suasana. 

"Menggunakan furnitur yang lebih besar seperti rak buku dua sisi atau layar dekoratif dapat membantu membagi ruang lebih jauh sambil memberikan privasi dari satu area ke area berikutnya," imbuh Elizabeth. 

Cara lain, menggunakan meja konsol atau sofa untuk membagi ruang. "Saya juga telah merancang denah lantai terbuka dengan beberapa sofa untuk membantu menggambarkan areamembaca dan menonton televisi," tambah Rozit.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.