Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak, Kesalahan dan Tips Menyimpan Susu di Kulkas

Kompas.com - 26/09/2022, 08:55 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Suhu kulkas bisa tidak konsisten dan tidak merata dari waktu ke waktu dan berfluktuasi dari satu tempat ke tempat lain. Sama seperti oven, kulkas memiliki titik panas dan titik dingin.

Ini mempengaruhi kualitas dan umur panjang makanan dan minuman yang disimpan di kulkas. Suhu kulkas pun memengaruhi susu yang disimpan di dalamnya.

Berikut kesalahan menyimpan susu di kulkas dan tips menyimpan susu di kulkas agar tidak cepat basi, dikutip dari Real Simple, Senin (26/9/2022).

Baca juga: 7 Cara Membuat Makanan Lebih Awet di Kulkas

Ilustrasi susujcomp/ Freepik Ilustrasi susu

Tempat terburuk untuk menyimpan susu di kulkas

Meskipun lazim, namun sebenarnya menyimpan susu di pintu kulkas adalah kesalahan. Pintu kulkas adalah tempat terhangat di kulkas.

Bagaimana tidak, setiap kali Anda membuka pintu kulkas, setiap kali Anda membuka pintu kulkas, Anda menyeret semua yang tersimpan di sana ke dalam ruangan yang kemungkinan paling panas di rumah.

Suhu yang lebih hangat dan fluktuasi yang sering dapat membuat makanan berisiko rusak, terutama susu dan krim. Suhu yang hangat dapat membuat susu mengental sebelum Anda dapat meminumnya.

Demikian juga, bakteri yang berpotensi berbahaya tumbuh pada suhu yang lebih hangat. Semakin lama susu terkena panas, semakin cepat bakteri tumbuh.

Baca juga: Kenapa Makanan Bisa Awet di Kulkas? Ini Penyebabnya

Anda bisa membuat susu bertahan lebih lama dengan menyimpannya di bagian belakang kulkas di rak dekat bagian tengah atau bawah. Udara panas naik, jadi rak atas mungkin beberapa derajat lebih hangat daripada rak bawah.

Untuk kompartemen pintu kulkas, ini adalah tempat yang tepat untuk menyimpan makanan yang paling tidak mudah rusak, seperti saus tomat, mustard, kecap, saus salad, selai, dan minuman kemasan seperti air soda.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com