Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/09/2022, 08:21 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tanpa disadari, lantai menjadi elemen dekorasi yang memengaruhi tampilan pada berbagai ruangan di rumah.

Pemilihan ubin lantai yang benar dan sesuai dengan kebutuhan akan membuat ruangan terasa lebih ringan dan lapang, dan sebaliknya penggunaan ubin lantai yang salah akan membebani ruangan.

Hal ini juga terkait dengan pemilihan warna, jenis ubin, hingga ukuran. Dilansir Architectural Digest, Senin (26/9/2022) berikut tips untuk memilih ubin lantai ruang tamu

Baca juga: Ingin Meninggikan Lantai Rumah Karena Banjir? Pertimbangkan Hal Ini

Ilustrasi lantai rumah. Shutterstock/FotoAndalucia Ilustrasi lantai rumah.

1. Jenis ubin

Ubin memiliki berbagai jenis dengan berbagai keunggulannya masing-masing. Ubin keramik akan lebih tahan lama dan terjangkau, namun rentan retak sehingga cocok digunakan di area yang memiliki lalu lintas ringan dan sedang. 

Adapun ubin porselen lebih padat, kuat, tahan gores dan noda daripada keramik. Untuk hasil akhir yang mulus, pilih ubin porselen tanpa sambungan.

Gunakan grouting epoxy untuk memberikan tampilan yang rapi.

Bagi Anda yang ingin memberikan kesan alam, bisa memilih pelapis lantai alami seperti batu pasir, batu kapur, marmer atau travertine dalam bentuk ubin.

Baca juga: 7 Ide Desain Kamar Mandi di Lantai Bawah

Untuk tampilan yang berani, pilihlah ubin semen yang tersedia dalam pola tradisional. Namun, karena ini berpori di alam, mereka perlu disegel secara berkala.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com