Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Mendekorasi Ruang Keluarga agar Lebih Berwarna

Kompas.com - 25/09/2022, 18:40 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber Elle Decor

JAKARTA, KOMPAS.com – Memiliki ruang keluarga yang berwarna dapat membuat ruangan terasa lebih cerah, berkarakter, serta hidup sehingga mempengaruhi suasana hati para penghuninya. 

Disadur dari Elle Decor, Minggu (25/9/2022), ada beberapa cara mendekorasi ruang keluarga agar lebih berwarna supaya terlihat menarik sebagai berikut.

Baca juga: 5 Ide Kreatif Memperbarui Tampilan Ruang Keluarga

Hadirkan warna bernuansa jewel-toned sebagai aksen

Ilustrasi kursi.SHUTTERSTOCK / Photographee.eu Ilustrasi kursi.

Alih-alih mengganti sofa, yang mana kerap disebut sebagai jangkar ruang keluarga, hadirkan warna bernuansa jewel-toned sebagai aksen melalui kursi-kursi pelengkap ruang keluarga.

Dikutip dari Benjamin Moore, perusahaan produsen cat, jewel-toned mengacu pada warna yang sangat kaya dan jenuh. 

Deretan warnanya cukup beragam, dari merah dan ungu tua hingga biru dan hijau cerah. Penggunaannya dapat membuat ruangan terasa dramatis.

Untuk ruang keluarga, hadirkan sepasang kursi beludru berwarna biru tua jika sofa berwarna netral guna menciptakan kontras dan membuat ruangan terasa lebih mewah.

Bisa pula menggunakan kursi beludur berwarna ungu tua yang dilengkapi elemen kuningan atau emas untuk menambah kehangatan.

Baca juga: Perlukah Membeli Satu Set Furnitur untuk Ruang Keluarga?

Tampilkan beragam warna dan tekstur di rak terbuka

Rak terbuka, entah itu rak buku atau rak dinding tunggal, memungkinkan kamu menambahkan warna dan kepribadian ke ruang keluarga dengan mudah. 

Hias rak dengan apa pun yang kamu dapatkan dari kegiatan melancong, tanaman, buku, hingga koleksi keramik. Variasikan warna, dimensi, juga tekstur untuk menciptakan komposisi yang dinamis.

Sebagai contoh, kombinasikan vas porselen tinggi berwarna biru dan putih dengan patung melingkar berwarna emas. Lengkapi tampilan dengan tanaman berdaun menjuntai seperti sirih gading.

Baca juga: 4 Ide Mendekorasi Sudut Kosong di Ruang Keluarga

Hadirkan warna melalui bantal sofa

Ilustrasi rak dindingFREEPIK.COM/RAWPIXEL.COM Ilustrasi rak dinding

Bantal sofa atau bantal dekoratif adalah salah satu cara paling sederhana mengubah suasana ruangan serta membuat ruang keluarga lebih berwarna. Kamu pun bisa melakukannya secara musiman.

Kuncinya, dengan sofa berwarna netral. Tarik warna dari barang-barang lain, misalnya bantal sofa berwarna blush dan mauve yang warnanya selaras dengan barang dekorasi lain di ruangan. 

Cara ini juga memungkinkanmu bermain dengan tekstur dan bentuk agar ruang keluarga terlihat lebih menarik seperti menghadirkan bantal sofa bulat berwarna biru dan bantal sofa kotak berwarna hijau zamrud.

Baca juga: 9 Kesalahan yang Harus Dihindari Saat Menata Ruang Keluarga

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com