Kompas.com - 25/09/2022, 16:47 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Ada banyak manfaat memelihara anjing di rumah yang didukung ilmu pengetahuan.

Misalnya, memiliki anjing dapat meningkatkan kesejahteraan mental, mengurangi risiko masalah kardiovaskular, meningkatkan aktivitas fisik, bahkan membuat Anda lebih menarik bagi orang lain. 

Baca juga: Alasan Anjing Menendang Kotorannya Setelah Buang Air Besar

Selain itu, sebuah penelitian baru-baru ini dari para peneliti di Ohio State University, Amerika Serikat, menunjukkan bahwa kepemilikan anjing membuat lingkungan lebih aman serta  berbagai aksi kriminal seperti pembunuhan, perampokan, dan penyerangan lebih rendah dibanding daerah dengan lebih sedikit anjing. 

Penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Social Forces Universitas Oxford itu menggunakan dua set data. Pertama, peneliti mengumpulkan data dari survei pemasaran skala besar penduduk Columbus, Ohio, untuk mengukur tingkat rumah tangga dengan anjing.

Selanjutnya, para peneliti menggunakan data dari Ohio State University’s Adolescent Health and Development in Context guna mengukur tingkat kepercayaan di tingkat lingkungan.  

Baca juga: 7 Ras Anjing Raksasa yang Dapat Dipelihara di Rumah

Ilustrasi anjing Australian shepherd. PIXABAY/torstensimon Ilustrasi anjing Australian shepherd.
Faktor penting lainnya untuk lingkungan lebih aman adalah pemilik anjing yang tinggal di wilayah itu sering mengajak anjing peliharaannya berjalan-jalan secara teratur.

"Orang-orang yang membawa anjing mereka berjalan-jalan pada dasarnya berpatroli di lingkungan mereka," Nicolo Pinchak, penulis utama studi tersebut dan seorang mahasiswa doktoral sosiologi di Ohio State University, dikutip dari Simplemost, Minggu (25/9/2022). 

Anjing melihat ketika ada sesuatu yang tidak beres dan orang luar yang dicurigai di daerah itu, ini bisa menjadi langkah pencegah kejahatan.

Baca juga: Studi Ungkap Anjing Berpotensi Memahami Dua Bahasa

Glenn Rogers, pelatih anjing New Jersey dengan 26 tahun pengalaman polisi, mengatakan temuan itu tidak mengejutkannya.

“Mereka menjadi hampir seperti penjaga lingkungan, bertemu tetangga, dan mengenal tetangga. Mereka melihat apa yang normal di lingkungan itu jika melakukannya setiap hari," imbuh Rogers. 

Halaman:
Sumber simplemost


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.