Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penyebab Kucing Makan Rumput dan Cara Mengatasinya

Kompas.com - 25/09/2022, 16:10 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Berbeda dengan anjing yang dapat memakan aneka sampah saat bermain di luar rumah, kucing cenderung memilih apa yang ingin dikonsumsi.

Namun, tak dipungkiri, kucing bisa memakan rumput saat bermain di halaman belakang atau taman. Perilaku ini juga sulit dihindari. 

Baca juga: 5 Fakta Menarik Lidah Kucing, Tekstur Kasar dan Sensitif Garam

Pada anjing, mengonsumsi rumput dilakukan untuk meredakan ketidaknyamanan perut dan menyebabkan muntah.

Namun, kucing makan rumput sulit menentukannya penyebabnya. Akan tetapi, baru-baru ini para ilmuwan berhasil menemukan jawaban tersebut. 

Sebuah presentasi dalam pertemuan tahunan International Society for Applied Ethology di Bergen, Norwegia, menawarkan bukti tentang perilaku aneh ini, yang oleh banyak pemilik kucing dikaitkan dengan keinginan hewan untuk memperbaiki sakit perut. 

Baca juga: 4 Jenis Bau yang Dialami Kucing dan Penyebabnya

Dikutip dari Mental Floss, Minggu (25/9/2022), para peneliti di University of California, Amerika Serikat, melakukan survei terhadap 1.021 pemilik kucing yang menghabiskan setidaknya tiga jam sehari mengamati aktivitas hewan peliharaan mereka.

Walhasil, ditemukan dari 71 persen kucing yang tertangkap sedang mengunyah rumput, sekitar seperempatnya muntah setelahnya dan sekitar 91 persen responden melaporkan bahwa kucing mereka tidak tampak sakit sebelum makan di luar.

Para ilmuwan berpendapat kucing makan rumput adalah perilaku evolusioner yang tidak dimaksudkan untuk memancing muntah. 

Baca juga: Ketahui, Ini Penyebab Kucing Peliharaan Banyak Tidur

Sebaliknya, kucing termotivasi untuk makan rumput karena begitulah cara nenek moyang mereka mengusir parasit usus.

Konsumsi rumput meningkatkan aktivitas otot di saluran pencernaan yang bisa memaksa keluar isi dalam perut yang tidak diinginkan.

Kucing secara tradisional harus berurusan dengan parasit seperti cacing tambang atau cacing gelang sebagai produk sampingan dari hewan pengerat yang melahap meski kemungkinan besar kucing tidak diet daging tikus tidak memiliki parasit untuk diobati.

Namun, insting untuk mengunyah rumput pada kucing peliharaan tetap ada.  

Baca juga: Ketahui, Ini Penyebab Kucing Peliharaan Banyak Tidur

Penelitian tersebut juga menunjukkan bahwa kucing yang berusia kurang dari tiga tahun lebih cenderung makan rumput daripada kucing yang lebih tua, tetapi cenderung lebih sedikit muntah setelahnya.

Jika memiliki kucing peliharaan yang suka bermain di luar ruangan, cara terbaik adalah menanam beberapa rumput di dalam ruangan yang bebas dari pestisida dan kontaminan lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com