Kompas.com - 25/09/2022, 16:10 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Berbeda dengan anjing yang dapat memakan aneka sampah saat bermain di luar rumah, kucing cenderung memilih apa yang ingin dikonsumsi.

Namun, tak dipungkiri, kucing bisa memakan rumput saat bermain di halaman belakang atau taman. Perilaku ini juga sulit dihindari. 

Baca juga: 5 Fakta Menarik Lidah Kucing, Tekstur Kasar dan Sensitif Garam

Pada anjing, mengonsumsi rumput dilakukan untuk meredakan ketidaknyamanan perut dan menyebabkan muntah.

Namun, kucing makan rumput sulit menentukannya penyebabnya. Akan tetapi, baru-baru ini para ilmuwan berhasil menemukan jawaban tersebut. 

Sebuah presentasi dalam pertemuan tahunan International Society for Applied Ethology di Bergen, Norwegia, menawarkan bukti tentang perilaku aneh ini, yang oleh banyak pemilik kucing dikaitkan dengan keinginan hewan untuk memperbaiki sakit perut. 

Baca juga: 4 Jenis Bau yang Dialami Kucing dan Penyebabnya

Dikutip dari Mental Floss, Minggu (25/9/2022), para peneliti di University of California, Amerika Serikat, melakukan survei terhadap 1.021 pemilik kucing yang menghabiskan setidaknya tiga jam sehari mengamati aktivitas hewan peliharaan mereka.

Walhasil, ditemukan dari 71 persen kucing yang tertangkap sedang mengunyah rumput, sekitar seperempatnya muntah setelahnya dan sekitar 91 persen responden melaporkan bahwa kucing mereka tidak tampak sakit sebelum makan di luar.

Para ilmuwan berpendapat kucing makan rumput adalah perilaku evolusioner yang tidak dimaksudkan untuk memancing muntah. 

Baca juga: Ketahui, Ini Penyebab Kucing Peliharaan Banyak Tidur

Sebaliknya, kucing termotivasi untuk makan rumput karena begitulah cara nenek moyang mereka mengusir parasit usus.

Konsumsi rumput meningkatkan aktivitas otot di saluran pencernaan yang bisa memaksa keluar isi dalam perut yang tidak diinginkan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.