Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/08/2022, 08:56 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Keberadaan rumput di halaman atau taman rumah tidak hanya meningkatkan tampilan eksterior hunian, tetapi juga daya tarik visual rumah, membersihkan udara, dan memberi kesegaran.

Rumput juga bisa memberi spot nyaman untuk bersantai di taman. Namun, rumput asli memerlukan perawatan rutin seperti pemangkasan dan penyiraman demi menjaganya tetap subur serta bagus. 

Baca juga: Jangan Dibuang, Ini 8 Manfaat Potongan Rumput untuk Tanaman dan Kebun

Selain itu, ada beberapa taman yang tidak memungkin menggunakan rumput asli, entah karena masalah hama dan tanah yang kurang subur untuk menumbuhkan rumput.

Sebagai solusi, Anda bisa menggunakan rumput palsu atau artifisial. Rumput palsu juga dapat meningkatkan daya tarik rumah, minim perawatan, serta menurunkan biaya perawatan eksterior. 

Selain itu, menggunakan rumput palsu juga memberikan banyak keuntungan. Berikut sejumlah keuntungan menggunakan rumput palsu di rumah dikutip dari My Decorative, Rabu (24/8/2022). 

Baca juga: Plus Minus Menggunakan Rumput Palsu di Halaman Rumah 

Menghemat uang 

Ilustrasi rumput palsu atau artifisial. Shutterstock/Varavin88 Ilustrasi rumput palsu atau artifisial.
Meski perlu mengeluarkan sejumlah uang untuk memasang rumput palsu, biaya jangka panjang yang menyertainya akan lebih rendah daripada merawat rumput asli. 

Sebab, Anda tidak perlu memotong dan menyiram rumput palsu, melakuakan pengendalian hama, serta pemupukan di area tersebut.

Satu-satunya perawatan yang benar-benar perlu Anda lakukan adalah menggunakan peniup daun sesekali untuk menghilangkan beberapa puing yang tersangkut.  

Baca juga: 5 Permasalahan yang Mengintai saat Menanam Rumput di Pekarangan

Menghemat waktu

Pemasangan rumput palsu membutuhkan waktu lebih sebenar daripada menanam rumput asli. Setelah dipasang, rumput bisa langsung digunakan. Namun, biaya pemasangan rumput palsu bisa sedikit lebih tinggi.

Bisa digunakan kembali 

Menggunakan rumput palsu di sekitar rumah akan lebih murah dan nyaman. Bahkan rumput palsu dapat digunakan kembali untuk diletakkan di area lain di sekitar rumah seperti tempat membuat hewan peliharaan bermain atau membuat jalur taman yang bebas dari gulma

Baca juga: 5 Permasalahan yang Mengintai saat Menanam Rumput di Pekarangan

Perawatan mudah

Ilustrasi rumput palsu atau artifisial. Shutterstock/red mango Ilustrasi rumput palsu atau artifisial.
Keuntungan menggunakan rumput palsu di rumah adalah tidak perlu khawatir akan luntur, robek, atau sobek larena dirancang untuk mencegah masalah dengan pewarnaan.

Serat sintetis juga tidak akan menyerap apa pun yang jatuh di atasnya, yang membuatnya lebih mudah dibersihkan.

Ketika kotora, rumput palsu ini juga mudah dibersihkan dan dapat dicuci dengan selang. Ini menjadikan rumput palsu salah satu opsi terbaik untuk digunakan di sekitar rumah jika tidak ingin menghabiskan waktu berjam-jam bekerja di halaman. 

Baca juga: Cara Membuat Kompos dari Rumput, Mudah dan Murah 

Keamanan

Dibanding rumput asli, rumput palsu tidak membutuhkan herbisida dan pestisida untuk menjaga kehijauan serta membuatnya terlihat bagus.

Apalagi produk penghilang hama itu terbuat dari bahan kimia yang tidak aman untuk hewan peliharaan dan anak-anak Anda karena bisa bersentuhan langsung dengan permukaan rumput. 

Nah, itu dia keuntungan menggunakan rumput palsu. Namun, semua ini kembali lagi pada keputusan Anda. Bila memiliki banyak waktu merawat, sebaiknya memilih rumput asi demi menjaga keberlangsungan lingkungan hidup. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com